BalikpapanPeristiwa

Kecelakaan Maut di Balikpapan Tewaskan 5 Orang, Diduga Rem Truk Blong

Prolog.co.id, Balikpapan – Kecelakaan maut terjadi di Kota Balikpapan. Melibatkan truk bermuatan kontainer dengan sekitar 20 kendaraan roda emoat dan roda dua. Tabrakan ini terjadi di turunan Muara Rapak, Kecamatan Balikpapan Utara, Jumat (21/1/2022) pagi.

Video detik-detik terjadinya kecelakaan lalu lintas ini beredar di media sosial. Dari  rekaman CCTV, nampak truk kontainer berwarna merah sedang menuruni jalan.

Diduga karena rem blong, truk tersebut langsung saja menyeruduk seluruh kendaraan yang tengah berhenti di lampu merah.

Peristiwa tragis itu telah dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Yusuf Sutejo saat dikonfirmasi media ini pada Jumat (21/1/2022) pagi.

“Iya tadi pagi (kejadiannya) jam 5 lebih,” ungkapnya.

Laporan sementara, ada sebanyak lima orang tewas akibat peristiwa ini. Polisi masih mendata jumlah kendaraan yang ditabrak truk dan kemungkinan adanya korban tambahan.

“Meninggal 5 orang, luka berat 4 orang, luka ringan masih di data anggota karena ada 3 rumah sakit rujukan yang kita data,” katanya.

Dari data yang dihimpun, kecelakaan maut ini terjadi sekitar pukul 06.15 Wita. Sopir truk diketahui berinisial MA, warga Balikpapan, 48 tahun. Mengemudikan truk tronton dengan nopol KT 8534 AJ.

MA mengemudi truk tersebut sejak pukul 05.00 Wita dari lokasi parkir di Jalan Pulau Balang Km 13, Balikpapan Utara. Truk bermuatan kontainer 20 fit yang berisikan kapur pembersih air dengan berat 20 ton.

Truk hendak menuju ke Kampung Baru Balikpapan Barat. Sesampai di depan Rajawali Foto Km 0,5, sopir disebut sudah mulai mengurangi perseneling dari 4 ke 3.

Kemudian, sesampai di depan salah satu bank, rem sudah tidak berfungsi dan truk tronton meluncur laju dan menabrak yang ada di depannya. Tragisnya, saat kejadian, banyak kendaraan yang berhenti di lampur merah.

“Dari arah belakang meluncur truk tronton. Truk tronton itu mengalami rem blong, sehingga menyeruduk kendaraan di depannya yang berhenti di lampu merah,” ucap Yusuf.

Selain itu, lampu merah di lokasi kejadian roboh, pagar pembatas jalan rusak, sejumlah kendaraan yang ditabrak 6 unit roda empat (2 unit angkutan kota (angkot), 2 unit pikap, 2 unit kendaraan pribadi) dan 14 unit roda empat.

Usai kecelakaan, para korban kemudian dibawa ke sejumlah rumah sakit terdekat di Balikpapan. Yakni Rumah Sakit Umum Kanujoso, Rumah Sakit Beriman, dan Rumah Sakit Ibnu Sina.

“Kami masih prioritas korban, kalau untuk pengemudi sudah kami amankan di Polresta Balikpapan,” tegasnya.

“Kami prioritaskan penanganan evakuasi korban jiwa, dan lain sebagainya, lalu melakukan olah TKP di lapangan,” tandasnya.

(Redaksi Prolog) 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button