PemerintahanSamarinda

Polisi Siap Lakukan Penyelidikan Akun Palsu Facebook Atas Nama Wali Kota Samarinda

Prolog.co.id, Samarinda – Modus penipuan melalui akun media sosial pejabat pemeritah kembali terjadi. Teranyar, akun Facebook pribadi Wali Kota Samarinda Andi Harun, diduplikasi oleh oknum tidak bertanggungjawab.

Sebuah postingan akun palsu yang mengatasnamakan ‘Dr Andi Harun’ itu beredar pada Rabu (26/1/2022) kemarin. Dalam postingan akun tersebut memuat unggahan informasi program pendaftaran TNI/Polri.

“Untuk masyarakat Samarinda ingin mendaftar anak/saudara ikut program pendaftaran TNI/Polri dan pengangkatan tenaga honorer hubungi saya,” tulis akun tersebut.

Informasi hoaks atau akun palsu tersebut pun langsung direspon pihak kepolisian Satreskrim Polresta Samarinda. Saat dikonfirmasi, Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ary Fadli melalui Kasat Reskrim Kompol Andika Dharma Sena menegaskan siap melakukan penyelidikan awal.

“Tentu nantinya akan kami lakukan penyelidikan dengan akun tersebut, dan nantinya akan kami telusuri serta melakukan koordinasi dengan pihak pemkot,” tegas Kasat Reskrim Polresta Samarinda saat dikonfirmasi Kamis (27/1/2022).

Lanjut Andika Dharma Sena, apabila nantinya pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda telah menyatakan akun terus palsu dan merasa keberatan maka akan dilakukan langkah tindak lanjut.

“Nanti kalau yang bersangkutan keberatan akan ditindaklanjuti,” tekannya.

Selain itu Andika Dharma Sena juga mengatakan akan melibatkan tim ahli Cyber Polda Kaltim, dalam langkah tindaklanjut menelusuri si pengguna akun palsu Wali Kota Samarinda Andi Harun tersebut.

“Kalau butuh waktu berapa lama penyelidikannya itu ya tergantung nanti, karena kami juga akan melakukan koordinasi dulu dengan tim Cyber Polda Kaltim,” pungkasnya.

(Redaksi Prolog)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button