BalikpapanPeristiwa

Geger, Warga Balikpapan Temukan Mortir Peninggalan Perang Dunia II

Prolog.co.id, Balikpapan – Warga Telaga Sari, Balikpapan, Kalimantan Timur dihebohkan dengan penemuan sebuah mortir yang diduga bekas peninggalan Perang Dunia II. Mortir tersebut ditemukan warga pada Jumat (4/2/2022) sore kemarin, sekitar pukul 15.00 WITA.

Kabid Humas Polda Kaltim, Kombespol Yusuf Sutejo mengatakan, mortir yang telah lama terkubur itu pertama kali ditemukan oleh salah satu warga bernama Ahmad B.

Menurutnya, yang bersangkutan hendak menanam pohon di pekarangan rumahnya. Namun ketika menggali tanah, cangkul yang digunakan Ahmad B beberapa kali membentur benda keras.

“Karena keras, dia coba lah gali dengan tangan. Saat itulah baru ketahuan ada sebuah mortir didalam tanah,” ucapnya.

Mortir yang ditemukan Ahmad B itu memiliki panjang 70 cm, diameter 15 cm dengan 60 kilogram. Ahmad B sempat panik, pasalnya benda ini ditemukan di wilayah permukiman padat penduduk.

Segeranya ia melaporkan temuannya tersebut ke petugas Bhabinkamtibmas, yang kemudian diteruskan ke Polresta Balikpapan dan Brimob Polda Kaltim. Tak berselang lama, petugas yang tiba langsung mengevakuasi.

“Evakuasi mortir dilakukan oleh tim jibom Gegana, berlangsung dengan aman dan terkendali. Hanya ada satu buah mortir,” ungkapnya.

Kombespol Yusuf Sutejo belum dapat memastikan apakah mortir tersebut masih aktif atau tidak. “Belum tahu, karena masih diperiksa lebih lanjut. Jenisnya, apa juga masih dicari tahu, yang jelas ini peninggalana dari Perang Dunia II,” tandasnya.

(Redaksi Prolog)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button