PeristiwaSamarinda

Geger, Kapal KM Prince Soya Nyaris Terbakar Saat Akan Berangkat

Prolog.co.id, Samarinda – Penumpang Kapal KM Prince Soya di Pelabuhan Samarinda, Kalimantan Timur dibuat geger dengan ulah seorang pria, yang dengan sengaja membakar kabel di dalam kapal ketika akan berlayar menuju Parepare, Sulawesi Selatan. Peristiwa ini terjadi pada Minggu (6/2/2022) siang tadi.

Penumpang yang panik sempat berhamburan keluar ketika melihat api membakar kabel. Beruntung api tidak sampai membesar. Dengan sigap petugas berhasil memadamkannya.

Setelah berhasil memadamkan api, pelaku pembakar segera diamankan petugas dan diserahkan ke Polsek Kawasan Pelabuhan (KP) Samarinda. Dari informasi yang berhasil dihimpun, pelaku diketahui bernama Dedi.

Pria berusia 40 tahun itu, kerap berkeliaran di sekitar pelabuhan karena tak memiliki tempat tinggal. Salah satu saksi mengatakan, aksi pembakaran itu bermula ketika Dedi naik ke kapal KM Princess Soya yang rencananya akan berangkat sekitar pukul 14.00 WITA.

“Saya tadi lagi di kamar. Saat saya keluar lihat ada orang itu (Dedi), lalu mengeluarkan korek dan membakar kabel kipas dinding dan kabel di dinding itu. Setelah itu Dedi turun dari kapal,” ucap Safruddin (28) penumpang kapal.

Ketika melihat api membakar kabel, Safruddin segera melaporkannya ke petugas kapal. Dedi yang berhasil diamankan kemudian diserahkan ke Polsek KP Samarinda.

“Dedi tadi sudah kami amankan, tadi dia membuat gaduh di area Pelabuhan khususnya di KM Prince Soya. Saat kami interogasi jawabannya kadang nyambung dan tidak. Omongannya kurang jelas,” kata Kapolsekta KP Samarinda, Kompol Angga Indarta.

Diduga Dedi mengalami gangguan jiwa. Oleh karena itu Polisi berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kota Samarinda, untuk menindaklanjuti dugaan tersebut.

“Untuk memastikannya, Dedi kami serahkan ke Dinas Sosial, kemudian dibawa ke RS Atma Husada untuk dilakukan observasi, memastikan kondisi kejiwaannya,” pungkasnya.

Sementara itu, meski sempat dibuat gempar dengan ulah Dedi, kini Kapal KM Prince Soya terpantau telah berlayar menuju Pare-pare, Sulawesi Selatan.

(Redaksi Prolog) 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button