PemerintahanSamarinda

Pemkot Samarinda Jalin Kerjasama dengan PSF, Tingkatkan Kualitas Pendidikan Hingga Pemberian Beasiswa

Prolog.co.id, Samarinda – Wali Kota Samarinda, Andi Harun, terus menunjukkan upaya peningkatan kualitas pendidikan di Ibu Kota Kaltim. Terkini, kerja sama di bidang pendidikan dijalin dengan Putera Sampoerna Foundation (PSF).

Dengan membuka kesempatan beasiswa bagi putra-putri Samarinda menempuh pendidikan sarjana di Sampoerna University. Bantuan diberikan meliputi biaya kuliah sampai akomodasi.

Kerja sama tersebut tertuang dalam nota kesepahaman yang ditandatangani pada Sabtu, (19/2/2022), di Sampoerna Tower, Jakarta.

Andi Harun datang bersama jajaran Pemkot Samarinda. Sedangkan dari PSF diwakili Elan Merdy sebagai direktur. Dari kesepakatan itu, tertuang juga rencana pengembangan sekolah berstandar internasional di Samarinda bersama PSF.

Kerja sama antara Pemkot Samarinda dan PSF sebenarnya tak terjadi begitu saja. Penjajakan antara kedua pihak telah dilakukan jauh hari sebelumnya.

Hingga pada Jumat (18/2/2022) lalu, Andi Harun memutuskan datang langsung ke Jakarta, sebagai realisasi kerja sama tersebut. Turut serta mendampingi di antaranya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Samarinda, Asli Nuryadin; dan Kepala Bagian Kerja Sama Setkot Samarinda, Idfi Septiani.

“Pendidikan memiliki peran utama dalam proses mewujudkan warga Samarinda yang religius, unggul, dan berbudaya. Kesepakatan bersama ini menjadi komitmen kami meningkatkan sumber daya anak-anak Samarinda,” ucap Andi Harun melalui keterangan tertulis, Minggu, 20 Februari 2022.

Adapun Sampoerna University memiliki standar kurikulum internasional yang bekerja sama dengan Arizona University dari Amerika Serikat. Sebagai langkah awal, enam anak Samarinda bakal diseleksi untuk dikuliahkan di peguruan tinggi yang berlokasi di Jakarta itu.

Tidak menutup kemungkinan pula muda-mudi Samarinda yang terpilih berkesempatan mencicipi program perkuliahan di Amerika Serikat nantinya.

“Saat pertemuan beberapa bulan lalu dengan perwakilan Sampoerna Foundation, saya mendapat informasi bahwa PSF memiliki desain sekolah berstandar internasional yang sudah diterapkan di beberapa daerah di Indonesia,” kata Andi Harun.

“Oleh karena itu, sekolah berstandar internasional ini bisa dijadikan contoh bagi seluruh sekolah di kabupaten/kota Kaltim ataupun provinsi lain,” lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut, Andi Harun memanfaatkan langsung momen untuk meninjau kampus Sampoerna University. Melihat langsung sarana serta fasilitas penunjang pendidikan di perguruan tinggi tersebut.

Turut serta pihak manajemen universitas mendampingi. Wali Kota pun meminta jajaran terkait di Pemkot Samarinda segera menindaklanjuti kerja sama tersebut bersama PSF. Besar harapan dari kerja sama tersebut mampu mendukung visinya menjadikan Samarinda sebagai kota pusat peradaban.

Terlebih, menurut Andi Harun, pengembangan kualitas sumber daya manusia saat ini menjadi agenda penting. Ibu kota negara (IKN) mulai dibangun di Kaltim. Samarinda perlu mempersiapkan generasi terbaik untuk mengisi IKN baru tersebut.

(Redaksi Prolog)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button