Kutai TimurPeristiwa

Banjir di Sangatta Kutim, Warga Dihebohkan Kemunculan Buaya Berkeliaran di Permukiman

Prolog.co.id, Kutai Timur – Banjir yang melanda Sangatta, Kutai Timur (Kutim), Kalimantan Timur masih bertahan hingga Selasa (22/3/2022) hari ini. Terhitung sudah empat hari ibu kota Kabupaten Kutim itu direndam air.

Ditengah situasi banjir warga digegerkan dengan kemunculan seekor buaya berukuran 1,5 meter yang berkeliaran di permukiman di Jalan Munthe, Kecamatan Sangatta Utara.

Penampakan hewan predator itu sempat terekam video warga. Informasi dihimpun, video tersebut direkam pada Senin (21/3). Hingga akhirnya viral di media sosial.

Beredar-nya video tersebut, turut dibenarkan petugas Dinas Pemadam Kebakaran atau Disdamkar Kutai Timur.

“Iya kita dapat informasi dari RT setempat, tadi malam kita juga mengecek lokasi buaya ini muncul,” ucap Anggota Disdamkar Kutim, Saudin, saat dihubungi Selasa siang.

“Di lokasi memang ada sungainya, diperkirakan buaya itu dari sungai berenang di kawasan banji menuju permukiman,” lanjut Saudin.

Meski mendapatkan laporan warga, namun pihak Disdamkar Kutim belum bisa melakukan evakuasi buaya tersebut. Sebab kondisi masih banjir dapat membahayakan petugas.

“Kami juga belum berani evakuasi, hanya bisa memberi imbauan kepada warga sekitar, khususnya anak-anak untuk tidak bermain atau berenang di kawasan banjir yang terdapat buaya,” jelasnya.

“Warga juga hanya bisa merekam dari jauh untuk laporan, karena warga di situ juga tak berani mendekat,” imbuhnya.

Selain itu, pihak Disdamkar Kutim sampai saat ini masih disibukkan penanganan banjir yang masih menerjang dua kecamatan di Kabupaten Kutim.

“Anggota semua masih melakukan penanganan banjir, mungkin selanjutnya kita akan berkoordinasi ke pihak BKSDA Kaltim agar dapat melakukan evakuasi terhadap buaya yang masuk ke permukiman warga pasca banjir,” pungkasnya.

(Redaksi Prolog)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button