Balikpapan

GAMKI Dapat Suport Kodam VI/Mulawarman

Prolog.co.id, Balikpapan – Panitia Nasional Dies Natalis ke-60 GAMKI sowan ke markas Kodam VI/Mulawarman. Kedatangan mereka disambut hangat oleh Panglima Kodam Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso.

Rombongan panitia itu dipimpin Sekretaris Umum DPP GAMKI, Sahat Martin Philip Sinurat. Mereka menjelaskan tentang rencana GAMKI akan melakukan Apel Kebangsaan di titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Apel kebangsaan itu dilakukan dalam rangka Dies Natalis ke-60 GAMKI. Acara itu dipusatkan di Kalimantan Timur. “Ini juga dalam bentuk dukungan kami kepada pemerintah yang memindahkan IKN ke Kaltim,” kata Sahat, Rabu (6/4).

“Kita juga meneruskan harapan dan aspirasi dari masyarakat untuk ikut merasakan pembangunan dan pengembangan IKN,” tambahnya. Sebenarnya Apel Kebangsaan itu akan dilakukan di Balikpapan saja.

Karena, panitia mengira kalau lokasi Titik Nol IKN Nusantara masih dalam kondisi pengamanan. “Ternyata tadi dalam pertemuan, Pangdam menyampaikan bahwa Apel Kebangsaan dapat dilaksanakan di Titik Nol,” ucapnya.

“Tentunya ini sangat kami mengucapkan terimakasih untuk respons positif dari Pangdam,” tambahnya. Rencananya, Apel Kebangsaan itu, akan diikuti 500 peserta dari organisasi kepemudaan lintas agama.

Para peserta juga sebagian merupakan perwakilan dari GAMKI se-Tanah Air. “Kita mendukung penuh pemindahan IKN sebagai salah satu wujud pembangunan Indonesia Sentris,” terangnya.

Artinya dengan pemindahan itu, ada pemerataan pembangunan,
bahwa pembangunan tidak lagi dipusatkan di Jawa tapi benar-benar nyata untuk seluruh Indonesia.

Mendengarkan penjelasan itu, Pangdam VI/Mulawarman merespons positif rencana tersebut. Ia mengajak GAMKI untuk melaksanakan Apel Kebangsaan langsung di Titik Nol IKN Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, di lokasi acara Ritual Kendi Nusantara yang digelar Presiden Jokowi beberapa waktu lalu.

“Saya menyarankan Apel Kebangsaan yang dilaksanakan GAMKI bersama pemuda lintas agama nanti langsung di Titik Nol IKN. Agar lebih terasa hikmat untuk ikrar Apel Kebangsaan, tolong dipersiapkan panitia sebaik mungkin,” ungkap Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso.

Dukungan itu diberikan karena, perwira tinggi itu menilai kegiatan GAMKI itu sangat positif. Bahkan, Pangdam akan mengajak Kepala Polda Kaltim untuk mengawal kegiatan itu. “Nanti akan kita bantu juga persiapan lapangan, bersama Bapak Kapolda Kaltim,” bebernya.

Dalam pertemuan tersebut, Pangdam VI/Mlw didampingi oleh Aster Kasdam VI/Mlw Kolonel Arm Rama Hendarto Budhiyanto, Asintel Kasdam VI/Mlw Kolonel Deni Sukwara, dan Kabintaldam VI/Mlw Kolonel Inf T. Bayu Wahyu.

Sementara Sekretaris Umum DPP GAMKI didampingi Ketua Bidang Organisasi Keanggotaan DPP GAMKI Alan Ch. Singkali, Ketua Umum Panitia Nasional Pdt. Elmun Rumahorbo, Sekretaris DPD GAMKI Kalimantan Timur Daniel Abadi, dan Pdt. Charles.

(Redaksi Prolog)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button