Gaya Hidup

4 Cara Menurunkan Berat Badan Melalui Bercinta

Prolog.co.id – Bercinta menawarkan aneka manfaat termasuk tubuh sehat dan berat badan ideal. Sesi bercinta seperti halnya berolahraga sebab Anda bergerak dan membakar kalori.

Menurut studi yang diterbitkan di jurnal PLOS ONE, dalam sekali bercinta laki-laki bisa membakar rata-rata 101 kalori, sedangkan perempuan sekitar 69 kalori.

Intensitas rata-rata bercinta lebih tinggi daripada jalan kaki, tetapi lebih rendah daripada jogging. Daripada gym atau olahraga sendirian di rumah, olahraga ‘ranjang’ bersama pasangan tentu lebih menyenangkan.

Agar bercinta makin memberikan manfaat hingga mampu turunkan berat badan, berikut beberapa tips menurunkan berat badan dengan bercinta.

1. Ciuman intens

Menurut Women’s Health Magazine, proses pembakaran kalori sudah dimulai sejak sesi foreplay. Studi yang diterbitkan di American Journal of Medicine menyebut berciuman membakar 5-26 kalori.

Akan tetapi, jumlah kalori yang terbakar akan tergantung dari intensitas dan durasi berciuman. Tentu makin intens dan makin lama durasi, semakin banyak kalori terbakar. Coba berciuman dengan posisi tubuh di atas pasangan tetapi dalam pose plank.

2. Tambah durasi foreplay

Foreplay pada dasarnya bertujuan untuk menyiapkan tubuh ke tahap utama atau intercourse. Namun tak ada salahnya memberikan tantangan lebih agar tubuh bekerja lebih keras sehingga semakin banyak kalori yang terbakar. Pembakaran kalori bisa dilakukan saat Anda menambah durasi foreplay.

“Saat melakukan foreplay, luangkan waktu Anda untuk membuat pasangan Anda ‘memuncak’ dan perlahan kembali turunkan tensi lalu naikkan lagi. Hanya berciuman, bernapas, membelai, bermain untuk jangka waktu lama akan meningkatkan pembakaran kalori total Anda,” kata seksolog Jess O’Reilly.

Selain durasi, ambil posisi yang memungkinkan Anda melatih kebugaran tubuh. Saat melakukan oral sex, misal, ambil posisi plank atau crunch.

3. Padukan rutinitas seks dengan olahraga

Seks merupakan salah satu bentuk latihan fisik saat Anda melakukan posisi bervariasi. Riset menemukan olahraga dalam waktu singkat sepanjang hari bisa sama efektifnya dengan olahraga 30-40 menit berturut-turut.

“Anda bisa menggunakan seks sebagai latihan rutin selama 15-20 menit dan kemudian melakukan hal lain di waktu yang berbeda dalam sehari,” jelas Laura Berman, asisten klinis profesor obstetri dan ginekologi, mengutip WebMD.

4. Modifikasi posisi

Posisi menentukan prestasi. Prinsip ini tidak salah sebab makin akrobatik posisi seks, maka semakin banyak kalori terbakar. Namun tidak semua orang mampu melakukannya dan lebih memilih mengambil posisi seks yang memang sudah biasa dilakukan.

Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir sebab posisi seks yang biasa Anda lakukan bisa dimodifikasi sehingga membantu membakar lebih banyak kalori.

Misionaris, saat mengambil posisi ini, laki-laki cenderung membakar lebih banyak kalori. Namun perempuan bisa turut membakar kalori dengan merengkuh tubuh pasangan dengan kedua kaki, lalu menggerakkan tubuh sesuai irama.

Doggy style, lakukan gerakan secara bergantian, artinya, biarkan laki-laki ambil kendali kemudian giliran perempuan.

Rocking horse, ini memberikan keuntungan lebih buat perempuan karena saat berada di atas, perempuan berkesempatan bergerak bebas, naik-turun, ke kanan dan ke kiri. Namun laki-laki pun tetap bisa membakar kalori dengan menggerakkan pinggul.

(Redaksi Prolog)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button