PolitikSamarinda

Mekanisme Pemilihan Ketua DPC Demokrat Kaltim Berubah, Ini Penjelasan Irwan

Prolog.co.id, Samarinda – Ketua DPD Partai Demokrat Kalimantan Timur (Kaltim) Irwan, mengatakan mekanisme pemilihan calon Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat tingkat kabupaten/kota berubah dari tata cara pemilihan sebelumnya.

“Mekanisme pemilihan Ketua DPC Partai Demokrat di kepemimpinan ini berubah,” ucapnya saat ditemui media usai melaksanakan buka puasa bersama di kantor Partai Demokrat Kaltim Jalan Ir Juanda, pada Jumat (22/4/2022) kemarin.

Dirinya menyampaikan, pada Musyawarah Cabang (Muscab) yang biasanya merupakan agenda pemilihan ketua, kini berubah menjadi penentuan calon ketua.

“Alhamdulillah kemarin ada 10 kabupaten/kota yang sudah melaksanakannya. Ada lima kabupaten/kota yang aklamasi, sedangkan lima kabupaten/kota lainnya mempunyai dua calon ketua (Paser, Penajam Paser Utara, Mahakam Ulu, Berau dan Samarinda),” jelasnya.

lanjut Irwan, pada tanggal 31 Maret 2022 lalu sebelum memasuki bulan suci Ramadan, masing-masing kabupaten/kota sudah melaksanakan Muscab. Kemudian, di tanggal 15 April 2022 sudah dilaksanakan juga fit and proper test.

“Kita sudah mendengarkan bagaimana visi-misi calon ketua ke depan untuk membangun Partai Demokrat di masing-masing kabupaten/kota,” paparnya.

Setelah semua agenda sudah dilaksanakan, maka tim pemilihan akan mengadakan rapat untuk menentukan dan memilih satu di antara dua calon tersebut.

“Nanti akan dipilih dua calon di masing-masing lima kabupaten/kota itu. Kalau yang aklamasi kan sudah terpilih secara otomatis namun tetap melakukan fit and proper test,” terangnya.

Akan tetapi, mereka yang mencalonkan diri secara aklamasi bisa gugur apabila calon dianggap tidak berkompeten ketika hasil fit and proper test sudah keluar.

“Sisanya sudah aklamasi, tetapi mereka tetap fit and proper test karena kita ingin melihat apakah layak untuk menjadi seorang ketua,” bebernya.

Saat ini pihaknya sedang menunggu ketentuan terakhir dari sejumlah tahap yang sudah dijalankan. Pasalnya kata Irwan, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sedang berada di Jawa Timur.

“Ketua Umum sedang berada di Jatim melakukan pelantikan Emil Dardak sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Jatim. Mungkin setelah itu akan diketahui ketentuan terakhirnya,” ungkapnya.

Dirinya menegasakan bahwa penentuan Ketua DPC Demokrat di masing-masing kabupaten/kota ini sangat penting, sebab verifikasi partai politik akan dilaksanakan pada Agustus 2022 mendatang.

“Saya akan update besok ke sekjen kapan jadwal rapat tim Lima untuk penentuan ketua-ketua DPC Demokrat, inikan penting karena bulam Agustus verifikasi parpol sehingga kita tentukan. Pasca pemilihan Ketua DPC Partai Demokrat, kita akan segera meminta para ketua membentuk kepengurusan kemudian menyiapkan semua administrasi untuk pendaftaran,” pungkas Irwan.

(Redaksi Prolog)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button