BalikpapanHukum & KriminalPeristiwa

Viral, Pengendara Motor Nekat Terobos Tol Balsam, Dikejar Petugas hingga Lepas Tembakan

Prolog.co.id, Balikpapan – Petugas gabungan sempat dibuat kelimpungan dengan aksi nekat seorang pria bernama Ahmad Hasan Basri (AHB). Pasalnya ia menerobos jalan tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) dengan menggunakan motor matic pada Selasa (31/5) siang, sekira pukul 14.00 Wita.

Kejadian itu viral di media sosial lantaran pelaku kejar-kejaran dengan petugas. Bahkan pelaku sempat menghindari petugas yang melakukan blokade jalannya. Pelaku juga sempat berputar arah untuk menghindari kejaran petugas.

Kejadian tersebut bermula saat pria berusia 37 tahun ini melintas menggunakan motor Honda Vario nopol KB 6482 MO. Ia berhasil melintasi pintu gerbang Samboja lantaran posisi motor AHB terhalang tiang, sehingga security tidak melihat ada motor yang melintas.

Namun beberapa saat kemudian security menyadari ada motor yang melintas dan langsung melapor kepada petugas di beberapa pos untuk melakukan penghentian.

“Ya, ada pengendara motor yang masuk dari pintu Samboja, tapi sudah diamankan sama petugas,” kata Ronny Hendrawan, Manager Area Jasa Marga Balikpapan-Samarinda.

Bukannya berhenti, AHB justru menambah kecepatan saat dikejar petugas. Bahkan ia sempat menghindari blokade dan tangkapan petugas di KM 48. Kejar-kejaran pun terus terjadi hingga AHB memilih memutar balik saat petugas memblokade jalannya.

“Semua petugas berusaha menghentikan namun pemotor tetap berusaha kabur, petugas sempat memblokade jalan di KM 43 namun pemotor justru memutar balik ke arah Balikpapan. Sehingga tindakannya itu membahayakan pengguna jalan lain di jalur sebelah,” ujar Hima, Humas Jasa Marga Balikpapan-Samarinda.

Pengendara motor pun akhirnya bisa dihentikan saat petugas kembali menghalangi jalan AHB. Motor pun sempat menabrak bemper dan lampu mobil bagian belakang. Namun AHB malah meninggalkan motornya dan memilih melarikan diri ke semak-semak dengan menaiki tebing.

“Pihak PJR sempat memberikan tembakan peringatan dua kali namun tidak dihiraukan. Akhirnya pelaku berhasil diamankan setelah dikepung petugas,” ungkapnya.

Pelaku dan motornya kini diamankan di Kantor PJR Tol Balikpapan-Samarinda. Belum diketahui motif apa yang membuat pelaku nekat menerobos jalan tol tersebut, namun diduga pelaku dalam kondisi dibawah pengaruh minuman keras.

(Redaksi Prolog)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button