BalikpapanPeristiwa

Penumpang Wings Air Jatuh Pingsan, Meninggal Dunia saat Dilarikan ke RS

Prolog.co.id, Balikpapan – Seorang penumpang Pesawat Wings Air meninggal dunia ketika hendak melakukan penerbangan di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Minggu (19/6/2022) siang.

Informasi dihimpun, korban meninggal dunia itu diketahui merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) berinisial IK. Perempuan 53 tahun itub warga asal Kecamatan Tanjung Redeb, Berau.

Korban meninggal dunia saat akan menaiki pesawat dengan tujuan ke Bandara Kalimaru Barau. Korban tiba-tiba saja tidak sadarkan diri saat sedang mengantre masuk ke dalam kabin pesawat Wings Air bernomor IW-1362.

Corporate Communications Strategic of Wings Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan kalau pihaknya memberikan pertolongan medis sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) terhadap korban.

“Tahapan layanan penumpang sebelum keberangkatan sudah dijalankan. Petugas di bandar udara tidak mendapatkan laporan penumpang yang membutuhkan bantuan medis,” kata Danang melalui keterangan tertulisnya, Senin (20/6).

Danang menerangkan, kronologi kejadian itu bermula ketika penumpang mulai memasuki kabin pesawat udara. Korban yang turut ikut mengantre memasuki kabin tiba-tiba terjatuh dengan kondisi sudah tidak sadarkan dan sangat membutuhkan bantuan medis.

“Terjatuh dan tidak sadarkan diri saat antre masuk ke pesawat, masih di area landas parkir atau apron di samping pesawat,” terang Danang.

Menurut Danang, korban kemudian mendapat pertolongan pertama dari dua awak kabin dan petugas darat atau ground staff menggunakan peralatan kesehatan yang tersedia di pesawat.

Sesuai dengan prosedur kerja penanganan penumpang, maka awak kabin melakukan tindakan Cardiopulmonary Resuscitation (CPR) atau dikenal resusitasi jantung paru.

“Hal ini sebagai upaya pertolongan medis untuk mengembalikan kemampuan bernapas dan sirkulasi darah dalam tubuh,” ucapnya.

Lebih lanjut Danang menyampaikan, bahwa awak kabin juga memberikan tabung oksigen portabel dan tindakan melonggarkan pakaian, bersihkan wajah penumpang, menyandarkan ke kursi serta memasangkan masker oksigen.

“Selanjutnya Ground staff menghubungi tenaga medis di bandar udara,” kata Danang.

Dijelaskan Danang, setelah tenaga medis melakukan pemeriksaan, korban diarahkan untuk segera diarahkan ke rumah sakit terdekat guna pemeriksaan medis lebih lanjut.

“Wings Air kemudian menerima konfirmasi dari tim medis, bahwa penumpang dimaksud dinyatakan meninggal dunia ketika perjalanan menuju rumah sakit,” ucapnya.

Atas kejadian itu, Wings Air menyampaikan turut berduka cita mendalam kepada pihak keluarga. Wings Air kemudian membantu proses pengurusan jenazah almarhumah hingga diserahkan kepada keluarga.

(Redaksi Prolog)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button