AdvertorialKalimantan TimurParlemenPemerintahan

DPRD Dengar Penjelasan Pemprov Kaltim, APBD Dipatok 15,1 Triliun

Prolog.co.id, Samarinda Dialog rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023 kembali bergulir, Selasa (11/10/2022). Dalam gelaran rapat paripurna ke-44 DPRD Kaltim mendengar tanggapan dan jawaban Gubernur Kaltim terhadap Ranperda tentang APBD Kaltim 2023.

Jawaban Gubernur Kaltim tentang pandangan fraksi APBD 2023, disampaikan oleh Christianus Benny, Staf Ahli Gubernur bidang Sumber Daya Alam, Perekonomian Daerah dan Kesejahteraan Rakyat, mengapresiasi saran dan masukan dari DPRD Kaltim.

Ketua DPRD Kaltim, Hasanuddin Mas’ud mengatakan berkaitan dengan selisih nilai APBD yang pernah dibacakan sebelumnya dikarenakan adanya penyertaan modal sebesar Rp 200 juta untuk perusda yang belum dicantumkan.

 “Sudah clear soal selisih, yang benar yaitu Rp 15,1 T, kemarin itu karena belum dicantumkan Rp 200 juta yang untuk penyertaan modal kepada perusda,” ucapnya Selasa (11/10/2022).

Sekadar informasi, sebelumnya ada perbedaan besaran APBD Kaltim dari KUA-PPAS sebesar Rp 15,1 triliun, sedangkan pada Nota Keuangan APBD 2023 disampaikan sebesar Rp 14,9 triliun.

Selanjutnya, pembahasan secara detail akan kembali digelar pada Rapat Badan Anggaran (Banggar) bersama dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) menjelang pengesahan mendatang termasuk mengawal sejumlah pokok-pokok penting mengenai kebutuhan daerah yang akan ditopang oleh APBD. 

“Perlu dibahas, nanti akan dibahas detail soal itu (APBD 2023) dengan Banggar, sudah ada beberapa kegiatan yang akan dikawal termasuk beberapa pembagian APBD yang tidak dapat diganggu gugat,” ucap Mas’ud.

Politisi Partai Golkar itu juga menambahkan, beberapa kegiatan yang sifatnya berbentuk fisik juga akan turut diakomodir pada APBD 2023 termasuk kegiatan peningkatan jalan atau beberapa bangunan gedung yang belum rampung pada 2022 akan dilanjutkan pada 2023 mendatang. 

“Seperti gedung Kantor Inspektorat, Rumah Sakit Mata, Rumah Sakit Korpri akan dianggarkan,” tukasnya.

(Jro/ADV/DPRDKaltim)

Related Articles

Back to top button