AdvertorialDaerahKalimantan Timur

Sektor Pariwisata Belum Maksimal, Infrastruktur Pendukung Perlu Ditingkatkan

Prolog.co.id, Samarinda – Sektor pariwisata di Kalimantan Timur (Kaltim) saat ini belum dimanfaatkan dengan baik. Padahal, jika dikelola dengan baik dapat meningkatkan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Anggota Komisi II DPRD Kaltim, Ely Hartati Rasyid mengatakan jika potensi wisata di Kaltim cukup besar, hanya saja pemanfaatannya belum maksimal. Padahal, jika digali dan ditingkatkan, sektor pariwisata dapat mendongkrak PAD Kaltim.

Namun, sebelum memanfaatkan secara optimal, potensi pariwisata di Kaltim perlu mendapatkan dukungan infrastruktur yang memadai. Hal itu untuk menarik wisatawan domestik maupun asing.

Sejatinya dukungan infrastruktur untuk pariwisata telah tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2022 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kaltim. Dalam beleid tersebut sejatinya bisa digunakan untuk meningkatkan perhatian sektor wisata daerah oleh Pemprov Kaltim.

“Karena dalam regulasi itu ada KSPP (Kawasan Strategis Pariwisata Provinsi), jadi bisa dipetakan untuk kawasan pariwisata,” terangnya, Rabu (12/10).

Menurut politisi PDI-Perjuangan ini, Gunung Embun di Desa Luan, Kecamatan Muara Samu, Kabupaten Paser menjadi salah satu potensi wisata yang perlu ditingkatkan. Terutama pada fasilitas jalan menuju lokasi wisata yang menyuguhkan pemandangan indah dari ketinggian dengan dikelilingi oleh awan tebal tersebut.

Dorongan anggaran merupakan salah satu komitmen darinya sebagai anggota legislatif. Sebab dalam peningkatan infrastruktur perlu kucuran anggaran, kehadiran regulasi dapat memperkuat pertumbuhan sektor pariwisata daerah.

“Dari regulasi itu pengenmmbangan infrastruktur menjadi tanggungjawab OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait seperti jalan sampai pada sarana dan prasarana pendukung,” jelasnya.

Menurutnya perhatian sektor pariwisata perlu penanganan komprehensif dari seluruh pihak baik itu pemerintah ataupun masyarakat agar dapat bersama-sama melestarikan kawasan wisata sebagai daya tarik bagi para wisatawan yang hendak berkunjung.

(Jro/ADV/DPRDKaltim)

Related Articles

Back to top button