Advertorial

Tok! Raperda RTRW Kaltim Disetujui

Ketua DPRD Kaltim : Menjadi Acuan Pembangunan

Prolog.co.id, Samarinda – Raperda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kaltim akhirnya memasuki babak persetujuan bersama antara DPRD Kaltim dengan Pemprov Kaltim setelah kurang lebih 6 bulan Pansus RTRW Kaltim menggodok rancangan regulasi itu.

Ketua DPRD Kaltim, Hasanuddin Mas’ud menegaskan dokumen RTRW itu sangatlah penting baginya, sebab dari dokumen itu menentukan arah serta gambaran pembangunan Kaltim, maka dari itu dalam persetujuan ha harus disaksikan dengan seksama.

“Karena dalam RTRW ini mengatur sistem zonasi, peruntukan wilayah, zona tata ruang hingga tata kelola wilayah, RTRW ini nantinya akan menjadi acuan kita dalam melakukan pembangunan,” ungkapnya setelah Rapat Paripurna ke-11 di DPRD Kaltim yang salah satu agendanya yaitu persetujuan RTRW, Selasa (28/3/2023).

Selain itu telah disetujui Raperda RTRW Kaltim juga menjadi rekomendasi untuk kabupaten dan kota yang ada di Kaltim supaya dapat selaras dengan dokumen yang baru saja disetujui itu.

Sementara, Ketua Pansus RTRW Kaltim, Baharuddin Demmu mengungkapkan persetujuan bukanlah akhir dari perjalanan RTRW dapat diterapkan, melainkan pihaknya harus melalui proses evaluasi dengan Kemendagri terlebih dahulu.

“Setelah dari evaluasi itu baru memasuki penetapan oleh kepala daerah. Jadi evaluasi ini kita harapkan tidak banyak yang dirubah, sehingga setelah itu kita harapkan juga Pemprov Kaltim terus intens berkoordinasi dengan kami setelah menerima hasil evaluasi,” pintanya.

Disinggung mengenai perubahan dengan perbandingan Perda RTRW sebelumnya, Demmu menegaskan pansus telah berupaya penuh dalam mengakomodir kepentingan masyarakat.

(Jro/ADV/DPRD Kaltim)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Berita terkait

Back to top button