Advertorial

Peringati Hari Pendidikan Nasional

Wagub Kaltim Harap Jadi Semangat Merdeka Belajar

Prolog.co.id, Samarinda – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang kembali dilakukan pada 2023 diharap menjadi semangat pembaharuan, khususnya untuk merdeka belajar.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Timur (Kaltim) Hadi Mulyadi saat menghadiri upacara Hardiknas yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim.

Upacara Hari kelahiran Bapak Pendidikan, Ki Hajar Dewantara itu digelar pada Selasa (2/5/2023) lalu, juga diharap menjadi momentum untuk mewujudkan merdeka belajar di Benua Etam (Sebutan lain Kaltim).

Upacara pun dilaksanakan di halaman kantor Gubernur Kaltim, Jalan Gajah Mada, Samarinda dan dihadiri perwakilan siswa jenjang SD, SMP, SMA, SLB dan Perguruan Tinggi.

Termasuk para staf ASN dan Non ASN dilingkungan Disdikbud Kaltim, Badan Beasiswa Kaltim, Balai Guru Penggerak (BGP), kepala Perangkat Daerah (PD), PGRI Provinsi Kalimantan Timur dan Forum Pimpinan Daerah di Kaltim.

Dalam peringatan Hardiknas tersebut, Wagub Kaltim Hadi Mulyadi kembali membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Republik Indonesia (RI) yang mengharapkan 24 episode Merdeka Belajar membawa cita-cita luhur Ki Hajar Dewantara. Yakni, pendidikan yang menuntut bakat, minat dan potensi peserta didik.

“Anak-anak kita sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistic oleh guru mereka sendiri. Para guru pun berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya platform Merdeka Belajar. Guru-guru yang dulu diikat dengan berbagai peraturan yang kaku kini lebih bebas berinovasi di kelas,” ucap Hadi.

Masih dalam Pidato Mendikbudristek Nadiem Makarim, Hadi mengatakan untuk semangat meneruskan perjuangan semua anak bangsa. Tujuannya, agar bisa merasakan kemerdekaan yang sebenar-benarnya dalam belajar dan bercita-cita.

Oleh sebab itu, maka baik rasanya peringatan Hardiknas 2023 saat ini bisa menjadi awal semangat meneruskan perjuangan dan mewujudkan Merdeka Belajar.

“Juga mendidik generasi pelajar pancasila yang cerdas dan berkarakter, membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan,” tutupnya.

Sebelum upacara ditutup, Hadi Mulyadi didampingi Kadisdikbud Kaltim, Muhammad Kurniawan memberikan kendaraan operasional sekolah jenjang SMA, SMK, dan SLB, serta penyerahan SK penugasan guru sebagai kepala sekolah secara simbolis.

(ADV/Disdikbud Kaltim)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Berita terkait

Back to top button