Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

25 Pegawai Diskominfo Kukar Mengikuti Bimtek SAKIP

Terbit: 13 Oktober 2023

Bimtek SAKIP
Bimtek SAKIP 2023.

Prolog.co.id, Kutai Kartanegara – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengirimkan 25 Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) yang digelar Hotel Eden, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

Bimtek yang digelar pada tanggal 12-14 Oktober 2023 ini bertujuan untuk meningkatkan nilai akuntabilitas kinerja instansi pemerintahan.

Bimtek tersebut diisi oleh Tenaga Ahli Perencanaan Pembangunan Daerah dari Kementerian Dalam Negeri RI, Nita Yiswa, yang memberikan materi tentang penyusunan Rencana Strategis (Renstra) dan pengukuran kinerja instansi pemerintahan.

Menurut Kepala Dinas Kominfo Kukar, Dafip Haryanto, yang diwakili oleh Analis SDM Aparatur Diskominfo Kukar, Andri Afiat, SAKIP merupakan salah satu indikator keberhasilan pembangunan daerah yang harus ditingkatkan secara berkelanjutan.

“SAKIP adalah alat untuk mengukur kinerja dan pertanggungjawaban anggaran yang telah digunakan untuk pembangunan daerah. SAKIP juga merupakan upaya nyata pemerintah dalam mendorong terciptanya pemerintahan yang baik dan berorientasi pada hasil dengan melakukan pendekatan manajemen berbasis kinerja,” kata Andri Afiat.

Andri Afiat menambahkan, Diskominfo Kukar telah meraih nilai 93 untuk SAKIP pada tahun lalu. Namun, hal itu tidak membuat Diskominfo Kukar berpuas diri. Melalui Bimtek ini, Diskominfo Kukar berharap dapat mempertahankan atau bahkan meningkatkan nilai SAKIP-nya di tahun mendatang.

“Kami berharap dengan Bimtek ini, kami dapat memperbaiki dan menyempurnakan Renstra kami di Diskominfo Kukar. Kami juga berharap kami dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Kukar dimasa akan datang,” ujarnya.

SAKIP adalah sistem yang mengintegrasikan sistem perencanaan, penganggaran, dan pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan. SAKIP dipergunakan untuk mengukur kinerja yang dilakukan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan menjadi tolak ukur pertanggungjawaban anggaran yang telah digunakan untuk pembangunan daerah. (Day/Adv/DiskominfoKukar)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved