Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar Resmi Daftar sebagai Capres-Cawapres di KPU RI

Terbit: 19 Oktober 2023

Anies Baswedan
Pasangan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar saat di pelataran Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (19/10/2023). ANTARA/Genta Tenri Mawangi.

Prolog.co.id – Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar secara resmi mendaftar di Kantor Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) sebagai bakal calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres), Kamis (19/10/2023). Pasangan ini diusung oleh Koalisi Perubahan, yang terdiri dari Nasdem, PKS, dan PKB.

Kedua calon tersebut tiba di kantor KPU RI pada pukul 10.00 WIB, ditemani oleh para ketua umum partai politik yang mendukung mereka. Di lantai dua gedung KPU yang berlokasi di Jalan Imam Bonjol, mereka menyerahkan semua dokumen persyaratan yang diperlukan untuk pendaftaran sebagai bakal capres-cawapres.

Dalam sambutannya, Surya Paloh, Ketua Umum Partai Nasdem, yang menjadi figur penting dalam koalisi ini, menyatakan keyakinan bahwa KPU RI akan menjalankan tugasnya secara independen, di atas segala kepentingan kelompok, golongan, atau partai peserta pemilu.

“Kami yakin dan percaya ini akan bisa kami capai ketika saudara-saudara kami, yang menjadi harapan rakyat dan bangsa ini, yaitu Komisi Pemilihan Umum, berdiri tegak di atas semua kepentingan kelompok dan golongan maupun partai-partai peserta pemilu,” kata Surya Paloh.

Sementara itu, Anies Baswedan, dalam sambutannya, mengungkapkan rasa terima kasih kepada KPU RI, meskipun kedatangan mereka agak terlambat sekitar dua jam dari jadwal yang telah diumumkan, karena jalan di sekitar kantor KPU dipadati oleh simpatisan mereka.

“Terima kasih kepada KPU dan Bawaslu yang sudah menerima kami untuk mendaftar di hari pertama ini. Kami inginnya datang jam 08.00, tapi karena lalu lintas macet, kami mohon maaf datang terlambat. Kami datang dengan membawa dokumen lengkap. Kami membawa misi besar, semoga kami bisa mengemban amanat ini,” ujar Anies.

Setelah tahap pendaftaran, Anies dan Muhaimin akan menjalani pemeriksaan kesehatan menyeluruh yang akan dilakukan oleh KPU RI pada Sabtu, 21 Oktober 2023, di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Selanjutnya, KPU RI akan melakukan pemeriksaan dan verifikasi terkait dokumen persyaratan pendaftaran yang diserahkan pada hari ini.

Apabila terdapat dokumen yang tidak memenuhi persyaratan, KPU RI memberikan kesempatan kepada bakal capres-cawapres dan tim mereka untuk mengajukan dokumen perbaikan dari tanggal 26 Oktober hingga 1 November 2023. Dokumen perbaikan ini akan kembali diverifikasi hingga 2 November 2023, dengan hasil pengumuman pada 3 November 2023.

Apabila bakal capres-cawapres tidak memenuhi syarat hingga batas waktu yang ditentukan, partai politik pengusung harus mengusulkan calon pengganti paling lambat pada 8 November 2023. Calon pengganti tersebut akan menjalani pemeriksaan kesehatan menyeluruh dan verifikasi dokumen persyaratannya hingga 12 November 2023 oleh KPU RI. KPU RI akan secara resmi menetapkan pasangan capres-cawapres pada 13 November 2023 dan melakukan undian nomor urut keesokan harinya. (Antara)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved