Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Ekonomi RI Tumbuh Solid di Tengah Badai Global, Bank Indonesia: Bukti Daya Tahan Kita

Terbit: 6 Februari 2024

Bank Indonesia
Ilustrasi.

Prolog.co.id – Bank Indonesia (BI) menunjukkan ketangguhan ekonomi Indonesia di tengah perlambatan global. Pertumbuhan ekonomi triwulan IV-2023 menembus 5,04 persen secara tahunan (yoy), melampaui triwulan sebelumnya yang sebesar 4,94 persen (yoy).

“Ini bukti daya tahan ekonomi kita yang kuat di tengah tekanan global,” kata Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono, Selasa, 6 Februari 2024.

Secara keseluruhan, ekonomi Indonesia pada tahun 2023 tumbuh 5,05 persen (yoy).

Konsumsi rumah tangga menjadi motor utama, tumbuh 4,47 persen (yoy) didorong mobilitas yang meningkat, daya beli stabil, dan keyakinan konsumen yang tinggi.

Konsumsi lembaga nonprofit yang melayani rumah tangga (LNPRT) melonjak 18,11 persen (yoy) akibat persiapan pemilu. Konsumsi pemerintah juga naik 2,81 persen (yoy) didorong belanja barang dan belanja pegawai.

Investasi tumbuh 5,02 persen (yoy) ditopang oleh investasi bangunan, seiring pembangunan infrastruktur dan meningkatnya aktivitas penanaman modal.

Ekspor tumbuh 1,64 persen (yoy) ditopang permintaan mitra dagang dan membaiknya ekspor jasa seiring peningkatan wisatawan mancanegara.

Prospek Ekonomi 2024

Pada tahun 2024, pertumbuhan ekonomi diprediksi mencapai 4,7 hingga 5,5 persen. Permintaan domestik, terutama konsumsi dan investasi, serta pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) dan Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi penopang utama.

Namun, kinerja ekspor diprediksi belum kuat akibat ekonomi global yang lemah dan penurunan harga komoditas.

BI akan terus memperkuat sinergi stimulus fiskal pemerintah dengan stimulus makroprudensial untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya dari sisi permintaan domestik.

Pertumbuhan ekonomi yang solid di tengah badai global menunjukkan ketahanan Indonesia dalam merespon berbagai tantangan dan menjaga stabilitas ekonomi. (Day)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved