Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Bank Indonesia Hentikan Operasional di Hari Pemilu 14 Februari

Terbit: 8 Februari 2024

Bank Indonesia
Bank Indonesia

Prolog.co.id –Bank Indonesia (BI) mengumumkan penutupan operasionalnya selama hari pemungutan suara Pemilu yang jatuh pada Rabu (14/2).

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, menegaskan bahwa kebijakan ini sejalan dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2024 yang menetapkan Hari Pemungutan Suara Pemilihan Umum Tahun 2024 sebagai Hari Libur Nasional.

“Sebagai bentuk dukungan terhadap pelaksanaan Pemilihan Umum Tahun 2024, BI akan menonaktifkan seluruh kegiatan operasionalnya pada hari Rabu, 14 Februari 2024,” kata Erwin dalam pernyataan resminya pada Kamis (8/2).

Operasional Bank Indonesia akan kembali normal pada hari Kamis (15/2), dengan jam operasional pukul 08.00-16.00 WIB. Kebijakan ini diambil untuk memberikan kesempatan kepada seluruh pihak yang terlibat, termasuk jajaran pimpinan dan pegawai Bank Indonesia, serta masyarakat umum, untuk menggunakan hak pilih mereka.

Meski BI libur, masyarakat masih dapat melakukan transaksi pembayaran melalui layanan non-tunai BI-FAST dan berbagai kanal digital yang disediakan oleh penyedia jasa pembayaran.

Sebelumnya, pada Selasa (6/2), Presiden Joko Widodo telah resmi menetapkan hari libur nasional pada hari pemungutan suara melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2024.

“Keputusan Presiden ini berlaku sejak tanggal ditetapkan,” kata Jokowi dalam Keppres tersebut.

Penetapan tanggal 14 Februari 2024 sebagai hari pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) didasarkan pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024. (Day)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved