Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Bank Indonesia Pastikan Cadangan Devisa Tetap Tinggi di Tengah Dinamika Global

Terbit: 7 Februari 2024

bank indonesia
Ilustrasi. (freepik)

Prolog.co.id – Bank Indonesia menyebutkan cadangan devisa Indonesia pada akhir Januari 2024 menunjukkan performa yang stabil tinggi.

Di tengah gejolak ekonomi global, cadangan devisa Indonesia sebesar 145,1 miliar USD. Walaupun mengalami penurunan tipis dibandingkan posisi akhir Desember 2023 yang sebesar 146,4 miliar USD.

Bank Indonesia menegaskan bahwa penurunan ini wajar dan terkendali, salah satunya dipengaruhi oleh jatuh tempo pembayaran utang luar negeri pemerintah.

“Posisi cadangan devisa ini setara dengan pembiayaan 6,6 bulan impor atau 6,4 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah,” kata Erwin Haryono, Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia dalam keterangan resminya, Rabu (7/2).

Jumlah cadangan devisa ini jauh melampaui standar kecukupan internasional yang umumnya berkisar pada 3 bulan impor. Hal ini menunjukkan ketahanan sektor eksternal Indonesia yang kuat dalam menghadapi berbagai goncangan ekonomi global.

Bank Indonesia optimis bahwa cadangan devisa akan terus terjaga di level yang memadai, ditopang oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terkendali. Sinergi kebijakan antara BI dan pemerintah dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan menjadi kunci utama dalam memitigasi risiko dan mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

“Ke depan, Bank Indonesia akan terus memantau perkembangan ekonomi global dan domestik, serta melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah dan ketahanan sektor eksternal,” tegasnya.

Dengan cadangan devisa yang kuat dan kebijakan yang proaktif, Indonesia diharapkan mampu melewati berbagai tantangan ekonomi global dan menjaga momentum pertumbuhan ekonomi nasional. (Day)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved