Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

Bank Sampah Maluhu Ubah Limbah jadi Kerajinan Bernilai Jual

Terbit: 24 Oktober 2023

Bank Sampah Maluhu
Lurah Maluhu, Tri Joko Kuncoro.

Prolog.co.id, Kutai Kartanegara – Sampah menjadi masalah yang sering dihadapi oleh masyarakat perkotaan, namun, di Kelurahan Maluhu, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), sampah justru dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan.

Melalui tiga bank sampah di RT 3, 4, dan 23, sampah-sampah yang tidak bisa terurai disulap menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis.

Lurah Maluhu, Tri Joko Kuncoro mengatakan, bank sampah ini dikelola oleh masyarakat setempat dengan bantuan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kukar.

“Kami mendapat pembinaan dan pendampingan dari DLHK Kukar. Mereka juga sering memamerkan produk-produk kami di acara-acara mereka,” ujar Tri, Selasa (24/10/2023).

Produk-produk yang dihasilkan dari bank sampah ini berupa kerajinan tangan yang dibuat dari barang-barang bekas, seperti ban, botol, dan plastik. Salah satu produk yang cukup diminati adalah kursi yang terbuat dari ban bekas.

“Kursi ini sudah terjual dan laku banyak di pasaran. Ini membuktikan bahwa sampah bisa menjadi barang berharga jika kita mau mengolahnya dengan baik,” kata Tri.

Tri menambahkan, pemerintah kelurahan juga telah menyediakan wadah-wadah untuk menampung barang-barang bekas di setiap rumah warga. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mengelola sampah dengan baik.

“Kami berharap dengan adanya bank sampah ini, masyarakat bisa lebih peduli terhadap lingkungan dan juga mendapatkan manfaat ekonomis dari sampah,” tutup Tri. (Day/Adv/DiskominfoKukar)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved