Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Denny Prasetyawan Didapuk Menjadi Ketua Perkemi Kaltim

Terbit: 11 Desember 2023

perkemi kaltim
Denny Prasetyawan (depan) mengabadikan momen bersama atlet kempo Kaltim. (Ist)

Prolog.co.id, Samarinda – Denny Prasetyawan resmi didapuk sebagai Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (Perkemi) Kaltim periode 2024-2028. Denny yang merupakan sosok muda ini memiliki ambisi untuk memajukan kempo di Kaltim, baik di tingkat lokal maupun nasional.

Salah satu program unggulan Denny adalah peningkatan kualitas atlet dan pelatih di 10 kabupaten/kota se-Kaltim. Dalam program 100 hari kerjanya itu, Denny akan melakukan konsolidasi dan meminta masukan terkait kendala yang terjadi di setiap daerah di Kaltim. Selain itu, Denny juga akan meminta setiap pengcab dan pengkot untuk mengirimkan kader terbaiknya untuk membantu kepengurusan kempo di internal provinsi.

“Saya ingin memajukan kempo di Kaltim. Dengan harapan, kempo bukan hanya milik Samarinda dan Kukar, tapi juga merata di 10 kabupaten dan kota di Kaltim,” kata Denny, usai ditetapkan sebagai ketua, dalam Musyawarah Persaudaraan Shorinji Kempo (Muperprov).

“Setelah roadshow kita kumpul lagi dan membuat program kerja untuk mengatasi permasalah yang ada di setiap kabupaten kota. Kita juga rencana akan lebih sering mengadakan latihan gabungan keliling 10 kabupaten/kota agar kekuatan kempo merata di Kaltim dan tidak hanya berfokus hanya di Samarinda dan Kukar,” tambahnya.

Selain menilik permasalahan kempo yang ada di daerah, Denny nantinya juga akan meminta agar setiap pengcab dan pengkot untuk mengirimkan kader terbaiknya untuk membantu kepengurusan kempo di internal provinsi.

“Karena kita akan menjadikan kempo sebagai perkumpulan olahraga yang solid, independen, berwibawa, profesional dan menjunjung tinggi napas shorinji kempo.

Tujuan Denny meningkatkan kualitas kempo bukan tanpa alasan. Sebab sebagai sosok muda, Denny mesti mempertahankan prestasi cabang olahraga (cabor) kempo pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 di Aceh-Sumatera Utara.

Pasalnya, kempo menoreh capaian memukau pada PON edisi 2021 lalu di Papua. Kenshi Kaltim berhasil merebut titel juara dengan koleksi 4 medali emas, 2 perak, dan perunggu.

Kemudian, pada babak kualifikasi (BK) PON tahun ini, skuad Kempo Kaltim kembali meraih 4 medali emas, 4 perak, dan 3 perunggu. Dalam ajang ini, Kaltim harus puas di posisi kedua. Sementara juara BK PON dipegang Nusa Tenggara Timur.

“Dan mempertahankan ini tentu akan menjadi tantangan buat kami dan pasti akan lebih sulit dibandingkan merebut,” kata Denny.

Selain sederet upaya peningkatan kualitas atlet. Denny juga meminta agar para kenshi bisa berfokus pada latihan dan menjaga kualitas mereka.

“Berlatih, berlatih dan terus berlatih. Kalau terkait kesejahteraan itu percayakan kepada kami. Sekarang saya yakinkan atlet untuk fokus berlatih, kalau nantinya kamu berprestasi, soal kesejahteraan dan pekerjaan kalian jangan takut itu menjadi tanggungjawab dan jaminan kami para pengurus,” tekannya.

Adapun untuk peningkatan kesejahteraan atlet, Denny akan menginisiasi program dana abadi. Skemanya, dengan melakukan penggalangan dana dan membuat cadangan keuangan. Denny juga akan mencoba membuka jaringan dengan perusahaan yang ada di Kaltim untuk menjadi bapak angkat di kempo.

Denny juga meminta para kenshi untuk berfokus pada latihan dan menjaga kualitas mereka. Denny menjamin bahwa kesejahteraan dan pekerjaan para atlet akan menjadi tanggung jawab pengurus kempo.

“Sehingga kempo ada dana kas kalau nantinya APBD macet itu bisa kita keluarkan sebagai dana talangan. Ini saya inisiasi pertama dengan Rp 100 juta dan semoga bisa disusul oleh pengurus lainnya. Kemudian kita juga akan coba membuka jaringan dengan perusahaan yang ada di Kaltim untuk menjadi bapak angkat di kempo. Sehingga kempo tidak harus terus bergantung dengan pendanaan APBD,” tandasnya.

Sementara itu, Demisioner Ketua Perkemi Kaltim, Iskandar berpesan kepada Denny, agar terus berkomitmen dalam pembangunan prestasi shorinji Kempo.

“Dia (Denny) sudah mengikuti berbagai kegiatan, termasuk BK PON dan Pomnas (pekan olahraga mahasiswa nasional). Jadi ia sudah paham dengan pola organisasi ini,” kata Iskandar.

Harapan agar kempo dapat mempertahankan prestasi juga disampaikan Ketua KONI Kaltim, Rusdiansyah Aras. Ia hadir sekaligus membuka muperprov yang dilaksanakan Perkemi Kaltim.

“Shorinji kempo Kaltim sudah membuktikan komitmennya dalam berprestasi, terutama sejak PON 2021 di Papua. Karena itu, Kami sangat mengapresiasi apa yang sudah dicapai selama ini,” pungkasnya. (Redaksi Prolog)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved