Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

Dinas Perikanan Kutai Timur Fokus pada Pengembangan Budidaya Ikan Air Tawar

Terbit: 7 Desember 2023

Pengembangan Budidaya Ikan Air Tawar
Kegiatan survey di lokasi salah satu kelompok budidaya ikan di Sangatta Selatan (ist)

Prolog.co.id, Sangatta – Dinas Perikanan Kutai Timur (Kutim) tengah mengarahkan perhatiannya pada pengembangan potensi budidaya ikan air tawar, baik di sungai maupun kolam.

Kepala Dinas Perikanan Kutim, Suriansyah, menyatakan bahwa potensi perikanan tangkap saat ini cukup tinggi, namun mereka berencana untuk lebih memfokuskan upaya pada budidaya ikan air tawar.

Suriansyah menjelaskan bahwa pihaknya akan terus memberikan pendampingan kepada sektor perikanan tangkap, namun juga akan mengidentifikasi wilayah-wilayah yang berpotensi untuk budidaya ikan.

“Kami akan memaksimalkan peran penyuluh perikanan di setiap kecamatan untuk memberikan bimbingan tentang cara budidaya ikan,” ujar Suriansyah.

Ahmad Jayadi, Plt Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil dan Usaha Kecil Budidaya Ikan, menambahkan bahwa anggaran akan difokuskan pada program peningkatan kapasitas budidaya komoditas perikanan tambak.

“Program ini akan diarahkan ke sentra budidaya perikanan tambak dan air tawar,” kata Jayadi.

Rencananya, dana dari Forest Carbon Partnership Facility Carbon Fund (FCPF-CF) akan digunakan untuk meningkatkan kapasitas budidaya melalui pengadaan sarana budidaya, seperti keramba jaring apung dan benih.

“Kami juga akan memberikan bantuan pupuk dan kapur yang akan didistribusikan untuk budidaya tambak,” jelasnya. (atk/adv/diskominfokutim)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved