Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Dinilai Bisa Tingkatkan PAD, DPRD Kaltim Suarakan Potensi SKM Jadi Tempat Wisata

Terbit: 6 November 2023

peningkatan sektor pariwisata
Kondisi Sungai Karang Mumus yang dinilai bisa dikembangkan menjadi tempat wisata.

Prolog.co.id, Samarinda – Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim), Siti Rizky Amalia menyuarakan peningkatan sektor pariwisata di Kalimantan Timur.

Menurut dia, banyak lokasi di Kaltim yang bisa dikembangkan untuk dijadikan tempat wisata, salah satunya Sungai Karang Mumus (SKM) di Samarinda.

Jika hal tersebut bisa terealisasi, tentu akan menjadi salah satu sumber penunjang Pendapatan Asli Daerah (PAD). Oleh itu, ia meminta pemerintah untuk melihat dan memanfaatkan potensi tersebut.

“Banyak sekali potensi yang bisa dikembangkan, terlebih pada 10 kabupaten/kota di Kaltim, misalnya Samarinda, SKM dapat dijadikan destinasi wisata seperti di luar negeri,” ucapnya.

Namun kata dia, jika SKM mau dikembangkan menjadi tempat wisata, penanganan sampah harus diutamakan terlebih dahulu. Karena salah satu daya tarik pengunjung pasti melihat aspek kebersihannya.

“Sampah juga masih perlu diperhatikan agar dapat mengurangi dampak terjadinya banjir di Samarinda. Dengan begitu sungai bisa lebih nyaman ketika dijadikan destinasi wisata kapal dan lainnya,” jelasnya.

Ia pun juga mendorong kesadaran masyarakat dalam menangani masalah sampah kerap ditemui di SKM.

“Kesadaran masyarakat di sini sangat diperlukan bukan hanya peran pemerintah, melainkan ada kolaborasi yang perlu diciptakan,” ujarnya. (kit/adv/dprdkaltim)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved