Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

Dispar Kutim Gelar Pelatihan Musik Tradisional Gambus dan Sape Demi Lestarikan Budaya

Terbit: 26 November 2023

Pelatihan Musik Tradisional
Pelatihan musik tradisional yang digelar Dispar Kutim.

Prolog.co.id, Kutai Timur – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menggelar pelatihan musik tradisional gambus dan sape selama tiga hari, mulai dari Sabtu (25/11/2023) hingga Senin (27/11/2023). Pelatihan ini diikuti oleh sekitar 50 peserta yang berasal dari seniman musik, kelompok musik paguyuban, komunitas hingga masyarakat pecinta musik di Kutim.

Pelatihan ini bertujuan untuk melestarikan musik tradisional, khususnya gambus dan sape, yang merupakan salah satu subsektor ekonomi kreatif (Ekraf). Gambus merupakan alat musik yang berasal dari Timur Tengah yang kini dikembangkan menjadi kesenian Melayu Kutai, sedangkan sape adalah alat musik Dayak.

Kepala Dispar Kutim Nurullah mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan amanah Undang-Undang (UU) Ekraf, yang mengharuskan pemerintah untuk mengembangkan, membina, dan melatih para pelaku Ekraf.

“Musik tradisional merupakan salah satu kekayaan budaya yang harus kita lestarikan. Pelatihan ini diharapkan dapat melahirkan seniman berbakat dan terampil di bidang musik tradisional,” kata Nurullah.

Dalam pelatihan ini, para peserta dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan bermain gambus dan sape, mulai dari cara memegang alat musik, memainkan tangga nada, hingga memainkan berbagai lagu. Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari pemusik gambus dan sape yang telah berpengalaman.

Nurullah berharap, pelatihan ini dapat mendorong generasi muda untuk mencintai dan mempelajari musik tradisional. Ia juga berharap, para peserta dapat menjadi agen pelestarian musik tradisional di Kutim.

“Saya harap teman-teman bisa membantu pengembangan serta pelestarian musik tradisional di Kutim besar dan tentunya ini menjadi kebanggaan sektor Ekraf di Kutim,” tutup Nurullah. (atk/adv/diskominfokutim)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved