Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Dorong Disperindagkop Berikan Bimbingan ke Pelaku UMKM, DPRD Kaltim Sebut Bisa Kurangi Pengangguran

Terbit: 4 November 2023

peningkatan sektor UMKM
Wawancara Anggota Komisi II DPRD Kaltim, Encik Wardani

Prolog.co.id, Samarinda – Anggota Komisi II DPRD Kaltim Encik Wardani dorong peningkatan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Benua Etam.

Dorongan ini disuarakan Encik Wardani bukan tanpa alasan, sebab menurut dia, UMKM bisa menjadi sektor yang bisa mengurangi tingkatan angka pengangguran di Kaltim.

Oleh karenanya ia meminta Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop) Kaltim terus memberikan bimbingan terhadap para pelaku UMKM.

“Upaya mereka (Disperindagkop) baik guna mengurangi angka pengangguran karena berkaitan dengan bertumbuhnya UMKM di Kaltim,” kata Encik.

Legislatif dari dapil Samarinda itu juga mengatakan bahwa UMKM merupakan salah satu penyangga ekonomi di daerah sehingga upaya peningkatannya menjadi program strategis dan unggulan.

Encik melanjutkan, pihaknya mendukung program Disperindagkop Kaltim agar bisa berkelanjutan dan masif, terutama dalam hal pengawasan dan evaluasi terhadap bantuan yang diberikan kepada pelaku UMKM.

“Sebab kadang pemerintah membuat program menyalurkan bantuan ke UMKM, kemudian ditinggal dan tidak ada pengawasan hasilnya seperti apa, sehingga itu yang membuat program tidak tepat sasaran,” kata Encik.

Lebih lanjut Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu juga mengatakan, dalam pembahasan bersama Disperindagkop Kaltim, diketahui ada UMKM yang ekonominya sudah maju namun masih diberikan bantuan.

Hal demikian kata dia tentu harus menjadi catatan penting untuk dilakukan evaluasi.

“Harus didampingi paling enggak berapa persen. Tapi itu bisanya bertahap. Dalam pembelajaran peningkatan kapasitas, belum bisa langsung jadi, tapi tentunya program masih harus digaungkan,” ujar Encik. (kit/adv/dprdkaltim)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved