Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

DPRD Kaltim Dukung Percepatan Digitalisasi di Pemerintah Desa

Terbit: 7 November 2023

Digitalisasi Pemerintah Desa
Wakil Ketua DPRD Kaltim, Sigit Wibowo.

Prolog.co.id, Samarinda – Program digitalisasi desa dinilai sangat penting untuk dipercepat pemerintah melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) yang ada di setiap daerah hingga Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo).

Wakil Ketua DPRD Kaltim, Sigit Wibowo, beranggapan digitalisasi desa tak sekadar sebuah inovasi semata, melainkan keharusan untuk menghadapi tantangan masa depan.

“Penting dan menjadi tugas Diskominfo dan tentu saja Kominfo untuk mempercepat program digitalisasi di desa,” kata Sigit Wibowo.

Ia mengatakan, kerap kali terjadi perbedaan proses input data yang ada di pedesaan. Hal tersebut kata dia akibat input data dilakukan secara manual.

“Dengan adanya digitalisasi, data dapat diakses dengan mudah secara online, memastikan keseragaman dan keakuratan informasi,” kata Sigit Wibowo.

Legislatif dari fraksi PAN itu mengatakan digitalisasi desa merupakan suatu kebijakan yang perlu dan wajib dilakukan sebab pesatnya perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan membuat warga di desa harus bisa mengimbanginya

“Percepatan teknologi menuju era industri merupakan salah satu upaya yang dilakukan baik oleh pemerintah pusat sampai dengan pemerintahan terkecil, yakni pemerintah desa dan kelurahan,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, kendala yang dihadapi dalam mempercepat program digitalisasi desa ialah jaringan internet.
Indonesia masih terpaku dan berharap dengan sektor swasta dalam menyediakan layanan telekomunikasi hingga desa.

Menurutnya, sangat dibutuhkan peran Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan pentingnya program internet di seluruh desa demi percepatan program ini.

“Pelibatan provider swasta dalam membantu perluasan jaringan internet, dengan membuka peluang perizinan sebagai langkah positif,” pungkasnya. (kit/adv/dprdkaltim)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved