Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

DPRD Kaltim Lirik Potensi Sungai Mahakam untuk Tingkatkan PAD, DPRD Kaltim Bakal Buatkan Perda

Terbit: 10 November 2023

Potensi Sungai Mahakam
Sungai Mahakam yang setiap harinya jadi jalur lalu lalang kapal tongkang batu bara

Prolog.co.id, Samarinda – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim) melirik potensi Sungai Mahakam untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Anggota DPRD Kaltim Agiel Suwarno mengatakan pihaknya akan merancang peraturan daerah (Perda) pengaturan Alur Sungai Mahakam.

“Melihat sejumlah potensi Sungai Mahakam, kami dari Komisi II DPRD Kaltim merencanakan untuk merancang sebuah Perda inisiatif yang berpotensi datangkan Pendapatan Asli Daerah,” kata Agiel Suwarno.

Ia mengatakan, DPRD Kaltim memang perlu melihat lagi dari sisi sosial dan ekonomi pada alur Sungai Mahakam, karena potensi yang besar juga punya konsekuensi yang besar pula.

Hal tersebut, Ia sampaikan menyusul insiden tertabraknya pilar Jembatan Mahakam oleh tongkang bermuatan batu bara. Peristiwa itu sangat disayangkan karena untuk kesekian kalinya pilar jembatan itu tertabrak.

Hal tersebut kata dia diperlukan sebuah aturan untuk mempertegas alur di Sungai Mahakam. Sebab selama ini tidak menghasilkan PAD untuk daerah.

“Jangan sampai kita hanya selalu menjadi penonton atas hilir mudik kapal tongkang batu bara setiap hari di Sungai Mahakam, perlu kita per tegas dengan Perda inisiatif yang perlu dibuat di tahun 2023 ini,” ucap Agiel.

Hal senada juga disampaikan Ketua Komisi II DPRD Kaltim Nidya Listiyono beberapa waktu lalu.
Tiyo sapaan akrabnya menilai potensi dari Sungai Mahakam cukup besar, harusnya dapat memberikan manfaat yang besar pula kepada daerah.

“Meski demikian, di sisi lain juga terdapat resiko besar dalam pengelolaannya. Sehingga perlu sinergitas dalam penyusunan Raperda,” pungkasnya. (kit/adv/dprdkaltim)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved