Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

DPRD Samarinda Ingatkan Budaya Kerja Bakti Harus Dilestarikan

Terbit: 12 Oktober 2023

Budaya Kerja Bakti
Ketua Komisi I DPRD Samarinda, Joha Fajal. (ist)

Prolog.co.id, Samarinda – Untuk menjaga kebersihan lingkungan, sejatinya bukan hanya tanggung jawab Pemkot Samarinda melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di dalamnya.

Menurut Ketua Komisi I DPRD Samarinda, kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab seluruh pihak, termasuk masyarakat Samarinda.

Karena itu ia mengajak masyarakat Samarinda untuk kembali menjadikan kerja bakti sebagai budaya yang rutin dilakukan di akhir pekan.

Ajakan tersebut juga dilakukan untuk mendukung program pengendalian dan penanganan banjir yang terus dikerjakan Pemkot Samarinda setiap tahunnya.

“Salah satu penyebab utama banjir di Samarinda kan persoalan sampah. Jadi supaya banjir bisa ditanggulangi, kerja bakti membersihkan lingkungan itu perlu,” ucapnya.

Joha mengatakan bahwa tidak semua titik bisa terus mendapat perhatian pemerintah dalam satu waktu.
Sehingga menurutnya wajar jika ada beberapa drainase yang tidak optimal karena endapan sedimentasi, ataupun keberadaan sampah yang tersangkut. Karena itu ia berharap kepekaan dan kepedulian warga Kota Tepian bisa dipupuk.

“Kerja bakti kan dilakukan bersama-sama, harusnya tidak berat. Apa lagi di kawasan permukiman, kerja bakti juga untuk kebaikan masyarakat yang tinggal di lingkungan itu,” sambungnya.

Selain menjaga kebersihan, kegiatan kerja bakti juga bisa menjadi ajang untuk menyambung tali silaturahmi antara masyarakat yang tinggal dalam satu kawasan permukiman.

Kerja bakti juga diyakininya dapat menekan potensi penyebaran penyakit. Sebab lingkungan yang bersih, akan terhindar dari berbagai kuman dan bakteri yang berkembang di lingkungan yang kotor. (Att/Adv/DprdSamarinda)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved