Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Dua Tim Asia Tenggara Tersingkir dari Piala Asia 2023

Terbit: 22 Januari 2024

piala asia 2023
Timnas Indonesia yang menang melawan Vietnam dengan skor 1-0 pada laga Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah Bin Khalifah, Jumat (19/1). (PSSI)

Prolog.co.id – Dua tim Asia Tenggara gagal lolos ke babak semifinal Piala Asia 2023 Qatar. Keduanya adalah Vietnam dan Malaysia.

Untuk Vietnam harus menyerah setelah kalah dari Indonesia dengan skor 0-1 di laga kedua Grup D Piala Asia 2023, Sabtu (20/1) di Doha. Gol tunggal yang memenangkan Indonesia berasal dari Asnawi Mangkualam melalui penalti pada menit ke-42.

Hasil itu membuat Vietnam berada di posisi ketiga dengan tiga poin, sementara Malaysia berada di posisi keempat tanpa poin. Meski masih punya satu pertandingan lagi melawan Irak di Jassim bin Hamad Stadium, 24 Januari mendatang, Vietnam sudah tidak bisa lolos ke semifinal.

Adapun tim berikutnya yang tidak lolos adalah Malaysia. Tim berjuluk Harimau Malaya itu  juga tidak memiliki harapan besar setelah kalah dari Bahrain dengan skor 0-1 di Jassim bin Hamad Stadium, Sabtu (20/1) lalu.

Gol tunggal yang menghancurkan harapan Malaysia dicetak oleh Ali Madan pada menit ke-90+5.

Hasil itu membuat Bahrain berada di posisi ketiga dengan tiga poin, sementara Malaysia berada di posisi keempat tanpa poin.

Sebelumnya Malaysia juga menelan kekalahan 0-4 dari Yordania di laga pertama. Malaysia masih punya satu pertandingan lagi melawan Korea Selatan di Al Janoub Stadium, Al Wakrah, 25 Januari mendatang. Namun, seperti Vietnam, hasil laga Malaysia vs Korea Selatan tidak akan mempengaruhi nasib mereka.

Sementara itu, nasib Timnas Indonesia kini berada di posisi ketiga klasemen Grup D Piala Asia 2023. Setelah sebelumnya menumbangkan Vietnam dengan gol semata wayang Asnawi Mangkualam dari titik putih.

Hasil kerja keras Skuad Garuda yang mampu mengalahkan Vietnam pada Jumat (19/1) lalu, memperlebar gap Indonesia untuk melenggang ke babak 16 besar sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik.

Adapun laga terakhir Grup D, Indonesia akan berhadapan dengan Jepang pada 24 Januari, sedangkan Vietnam akan melawan Irak. (Day)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved