Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

Festival Balap Perahu Ketinting Desa Saliki, Langkah Pelestarian Tradisi Sekaligus Peningkatan Ekonomi

Terbit: 5 Oktober 2023

Balap Perahu Ketinting
Ilustrasi Festival Balap Ketinting.(Ist)

Prolog.co.id, Kutai Kartanegara – Desa Saliki, Kecamatan Muara Badak, akan menggelar Festival Balap Perahu Ketinting ke-3 pada tanggal 7-8 Oktober 2023. Festival ini tidak hanya sekadar ajang perlombaan, melainkan untuk melestarikan tradisi transportasi ketinting yang menjadi ciri khas desa.

Ajang adu balap perahu ini pun dapat menjadi motor penggerak perekonomian Masyarakat sekitar. Terutama bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), di wilayah tersebut.

Para pebalap dari berbagai desa akan berkompetisi memperebutkan gelar juara dan hadiah menarik, termasuk mesin ketinting dan uang pembinaan senilai jutaan rupiah. Kepala Desa Saliki, Saliansyah, mengungkapkan tujuan utama festival ini adalah untuk mempromosikan perekonomian lokal.

“Kami ingin menunjukkan kepada dunia bahwa Desa Saliki, yang terletak di ujung kecamatan Muara Badak, memiliki daya tarik wisata dan potensi ekonomi yang besar,” ujar Saliansyah pada Kamis (5/10/2023).

Pemerintah Desa Saliki memberikan dukungan penuh pada gelaran festival ini. Dan, mengajak semua elemen masyarakat, termasuk perusahaan, tokoh masyarakat, hingga pengusaha, untuk mendukung serta menjadikan festival ini sukses.

“Kami, sebagai Pemerintah Desa Saliki, berkomitmen untuk melestarikan tradisi ini sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Dengan adanya Festival Balap Perahu Ketinting, diharapkan ekonomi Desa Saliki akan terus tumbuh pesat, memberikan peluang usaha baru, dan mendatangkan investasi ke wilayah tersebut.

Bagi masyarakat lokal, festival ini bukan hanya ajang hiburan, tetapi juga kesempatan untuk mengembangkan potensi ekonomi mereka melalui promosi UMKM dan pariwisata yang terkait dengan tradisi ketinting. (Day/Adv/DiskominfoKukar)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved