Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Ini Biaya Perjalanan Haji 2024, Termasuk Embarkasi Balikpapan

Biaya haji tahun ini mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya. Kenaikan tersebut disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kenaikan harga bahan bakar minyak, biaya penerbangan, dan biaya akomodasi di Arab Saudi.

Terbit: 10 Januari 2024

Biaya Perjalanan Haji 2024
Ilustrasi ibadah haji.

Prolog.co.id – Presiden telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 6 tahun 2024 tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji 1445 Hijriah/2024 Masehi. Keppres ini menetapkan besaran biaya haji per embarkasi, termasuk embarkasi Balikpapan.

Biaya haji yang harus dibayar oleh jamaah haji, Petugas Haji Daerah (PHD), dan Pembimbing Kelompok Bimbingan lbadah Haji dan Umrah (KBIHU) terdiri dari dua komponen, yaitu Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) dan Nilai Manfaat.

Bipih adalah biaya yang digunakan untuk membiayai kebutuhan jamaah haji selama berada di Tanah Suci, seperti penerbangan, akomodasi, konsumsi, transportasi, pelayanan di Arafah, Mudzalifah, dan Mina, perlindungan, pelayanan di embarkasi atau debarkasi, dan lain-lain.

Sementara Nilai Manfaat adalah biaya yang digunakan untuk membayar selisih antara Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) dengan Bipih. BPIH adalah biaya yang ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi untuk setiap jamaah haji.

Menurut Juru Bicara Kementerian Agama (Kemenag) Anna Hasbie, jamaah haji yang sudah mendapat alokasi kuota haji 1445 Hijriah/2024 Masehi harus segera melunasi biaya haji di Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS-BPIH).

“Kami imbau agar jamaah haji segera melakukan pelunasan, karena ini merupakan syarat untuk mendapatkan nomor porsi dan nomor visa,” kata Anna dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, 10 Januari 2024.

Berikut adalah daftar besaran Bipih jamaah haji, PHD, dan KBIHU per embarkasi, termasuk embarkasi Balikpapan:

Biaya haji 2024

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved