Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Jelang IKN, Komisi II DPRD Kaltim Minta Bandara Sepinggan Tetap Diperhatikan

Terbit: 24 Oktober 2023

Bandara Sepinggan Balikpapan
Ilustrasi Bandara Sepinggan. (IST)

Prolog.co.id, Samarinda – Meski Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN) segera dibangun, anggota Komisi II DPRD Kaltim, Sapto Setyo Pramono juga meminta Pemprov Kaltim tetap memerhatikan Bandara Sepinggan Balikpapan.

Menurut Sapto, Bandara Sepinggan juga punya peran penting. Yaitu, sebagai pintu gerbang vital yang pelayanannya perlu ditingkatkan.

Sapto membeberkan alasan mengapa Bandara Sepinggan juga harus tetap dapat perhatian. Meski nanti dibangun Bandara VVIP IKN, tapi penumpang domestik juga banyak yang tetap memilih Bandara Sepinggan.

“Bandara itu adalah pintu masuk Kaltim. Artinya dengan adanya IKN, meski ada bandara VIP khusus, namun penumpang domestik tetap di Sepinggan,” ungkap Sapto.

Sebagai informasi, PT Angkasa Pura I berencana untuk memperpanjang landasan pacu dari 2.500 meter menjadi 3.250 meter. Lalu bandara yang lama akan mengalami pelebaran agar bisa menampung jumlah penumpang yang terus meningkat.

“Artinya bandara harus jadi yang terbaik, bagaimana mau masuk ke IKN kalau bandara kita tidak diolah dengan yang terbaik. Sangat bagus pastinya,” tambah dia.

Meski begitu, evaluasi dan peningkatan kapasitas untuk fasilitas di Bandara Sepinggan sudah pernah dilakukan. Dengan harapan, lalu lintas bandara bisa semakin meningkat dan fasilitas yang dimiliki dalam keadaan bagus serta bisa digunakan dalam waktu yang lama.

“Bandara Sepinggan Balikpapan punya potensi besar untuk mendukung transmisi IKN ke Kaltim yang jadi proyek nasional besar,” pungkasnya. (Kit/adv/dprdkaltim)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved