Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Jokowi Gelar Groundbreaking 10 Proyek di IKN Besok

Groundbreaking 10 proyek di IKN Nusantara direncanakan akan digelar besok. Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan melaksanakan groundbreaking sejumlah proyek yang digarap oleh Kementerian PUPR seperti Kantor Otorita IKN, Masjid Negara, dan Memorial Park.

Terbit: 16 Januari 2024

Jokowi Groundbreaking IKN
Titik nol IKN Nusantara.

Prolog.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menggelar groundbreaking 10 proyek di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Rabu (17/1) besok. Prosesi tersebut merupakan bagian dari persiapan pelaksanaan Upacara HUT Kemerdekaan ke-79 RI di IKN Nusantara pada 17 Agustus 2024.

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Badan Otorita IKN, Agung Wicaksono mengatakan, setidaknya terdapat 8 lembaga/BUMN dan swasta yang akan menggarap 10 proyek tersebut.

“Groundbreaking ke-4 yang akan dilaksanakan di 17 Januari 2024, tepat 7 bulan sebelum upacara 17 Agustus 2024. Saat ini seluruh persiapannya sudah dimulai,” kata Agung dalam agenda Media Briefing Virtual, Selasa (16/1).

Dua perusahaan BUMN yang akan memulai pembangunan besok adalah PT Pos Indonesia dan Studio Siaran Radio Republik Indonesia (RRI). Sementara proyek investasi yang akan disuntik oleh perusahaan swasta di antaranya terdapat pembangunan hotel bintang 5 yang akan dibangun oleh Jambuluwuk Hotel dan Resort serta area pergudangan oleh Sun Hub.

Selain itu, akan dibangun juga green pesantren yang merupakan pilot project reforestasi yang digarap oleh Benih Baik.com, Jejakin, dan Katadata Green. Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) juga diketahui akan memulai pembangunan kantornya di IKN Nusantara besok. Terakhir, proyek Nusantara Warehouse Park yang akan dibangun oleh PT Wulandari Bangun Laksana Tbk. (WSBK) menjadi investasi swasta terakhir yang dikonfirmasi siap melaksanakan groundbreaking besok.

Jokowi juga dijadwalkan akan melaksanakan groundbreaking sejumlah proyek yang digarap oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) seperti Kantor Otorita IKN, Masjid Negara, dan Memorial Park.

Groundbreaking tahap 4 ini merupakan kelanjutan dari groundbreaking tahap-tahap sebelumnya yang telah dilaksanakan pada Oktober, November, dan Desember 2023 lalu.

Berikut daftar 10 proyek yang akan groundbreaking besok:

1. Kantor Otorita IKN

2. Masjid Negara

3. Memorial Park

4. Kantor PT Pos Indonesia

5. Studio Siaran Radio Republik Indonesia (RRI)

6. Hotel bintang 5 oleh Jambuluwuk Hotel dan Resort

7. Area pergudangan oleh Sun Hub

8. Green pesantren oleh Benih Baik.com, Jejakin, dan Katadata Green

9. Kantor Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)

10. Nusantara Warehouse Park oleh PT Wulandari Bangun Laksana Tbk. (WSBK)

Groundbreaking ini diharapkan dapat mempercepat pembangunan IKN Nusantara dan menjadikannya kota yang modern, ramah lingkungan, dan inklusif. (Day)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved