Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Kebakaran di Samarinda Seberang, 10 Bangunan Ludes

Kebakaran hebat terjadi di kawasan padat penduduk Samarinda Seberang. Akibat musibah ini, 10 bangunan ludes terbakar.

Terbit: 17 Januari 2024

Kebakaran Samarinda Seberang
Petugas pemadam kebakaran saat berusaha memadamkan kebakaran di kawasan Samarinda Seberang.

Prolog.co.id, Samarinda – Kebakaran besar melanda pemukiman padat penduduk di Jalan Pattimura, RT 13, Kelurahan Tenun, Kecamatan Samarinda Seberang, Rabu (17/1) sekitar pukul 11.15 WITA.

Ananda, warga sekitar, mengatakan bahwa api pertama kali terlihat dari salah satu bagian belakang rumah warga. Warga sekitar yang melihat api langsung panik dan berusaha menyelamatkan barang-barang berharga mereka.

“Apinya dari rumah belakang, tiba-tiba saja membesar. Tidak ada suara ledakan. Begitu tahu api sudah membesar, kami langsung membantu menyelamatkan barang-barang berharga dari rumah-rumah yang ada di sekitar lokasi kejadian,” ucap Ananda.

Akibat kebakaran tersebut, 10 bangunan ludes terbakar, termasuk 5 rumah tunggal dan 5 bangsalan. Penyebab kebakaran diduga berasal dari kompor milik salah satu penghuni rumah.

Tidak berselang lama, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kota Samarinda dibantu dengan PMK Swasta dan unsur relawan tiba di lokasi kejadian untuk memadamkan api.

Kabid Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Disdamkarmat Kota Samarinda, Teguh Setia Wardhana, mengatakan bahwa akses menuju titik api sangat sempit sehingga pihaknya kesulitan memadamkan api. Hal itu diperparah dengan banyaknya warga yang menonton di sekitar lokasi kejadian.

“Kami baru bisa memadamkan api kurang lebih satu jam setelah menerima informasi kebakaran. Untuk penyebabnya kami serahkan ke pihak kepolisian, namun dari keterangan warga, api bermula dari kompor milik salah satu penghuni rumah. Tadi juga kami terima informasi ada salah seorang relawan yang sesak nafas dan sudah mendapat perawatan medis,” imbuhnya.

Kapolsek Samarinda Seberang, Kompol Bitab Riyani, mengatakan bahwa berdasarkan data sementara ada 10 bangunan yang terbakar imbas musibah ini. Untuk saat ini pihaknya berupaya menghimpun keterangan dari saksi-saksi di lokasi kejadian untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran di Samarinda Seberang.

“Kami masih coba mengambil keterangan dari saksi, karena pemilik rumah masih syok jadi belum bisa kami ambil keterangannya,” singkatnya. (Day)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved