Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

Kemilau Batik Festival Kutim Sukses Promosikan Batik Khas Daerah dan Bangkitkan UMKM

Terbit: 3 Desember 2023

Kemilau Batik Festival Kutim
Kepala Dispar Kutim, Nurullah saat memberikan piagam ke para finalis.

Prolog.co.id, Kutai Timur – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menggelar Kemilau Batik Festival (KBF) yang sukses mempromosikan batik khas daerah dan membangkitkan gairah kreatifitas para desainer lokal.

Festival yang digelar di Polder Ilham Maulana Sangatta ini berlangsung selama dua hari, dari tanggal 2 hingga 3 Desember 2023. Malam puncak acara KBF berlangsung sangat meriah dengan menghadirkan bintang tamu penyanyi ibu kota, Zinidin Zidan dan Yaya Nadila.

Acara ini diikuti oleh puluhan desainer batik lokal dari berbagai daerah di Kutim. Mereka menampilkan berbagai kreasi batik yang unik dan menarik, mulai dari desain kasual hingga busana resmi.

Kepala Dispar Kutim, Nurullah, mengatakan bahwa festival ini bertujuan untuk mempromosikan batik khas daerah Kutim dan mendukung para desainer lokal.

“Kita berharap batik-batik di Kutai Timur ini mendapatkan wadah dan mendapatkan tempat untuk bisa kita promosikan,” ucap Nurullah.

Nurullah menegaskan bahwa festival ini menjadi wadah yang mempromosikan serta mendukung batik Kutim, baik yang sudah mapan maupun yang masih dalam proses pengembangan.

“Batik Kutim sudah ada beberapa yang memiliki hak kekayaan intelektual (HAKI), juga masih ada yang pemula. Nah, melalui kegiatan ini, kita memberikan tempat untuk mereka tampilkan,” tambahnya.

Nurullah juga menekankan bahwa festival ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif pada ekonomi kreatif, para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kutim yang bergerak di bidang batik.

“Festival Kemilau Batik ini tidak hanya menjadi pesta seni dan keindahan busana, tetapi juga menjadi ajang yang memberikan semangat baru bagi para penggiat batik dan pelaku UMKM di Kutim. Dengan meningkatnya promosi dan apresiasi terhadap batik lokal, diharapkan dapat memberikan dampak positif pada peningkatan pendapatan para pelaku UMKM,” tandasnya.

Festival ini mendapat sambutan yang sangat baik dari masyarakat Kutim. Hal ini terlihat dari banyaknya pengunjung yang memadati lokasi festival. (atk/adv/diskominfokutim)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved