Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

Kenaikan TPP untuk ASN Kukar di Tahun 2024, Berkat Efisiensi Pengeluaran

Terbit: 4 Oktober 2023

kenaikan TPP Kukar
Sekda Kukar, Sunggono.

Prolog.co.id, Kutai Kartanegara – Pemerintah Daerah Kutai Kartanegara (Kukar) memberikan berita gembira bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan rencana kenaikan Tunjangan Penambahan Penghasilan (TPP) di tahun 2024. Keputusan ini merupakan hasil dari upaya efisiensi pengeluaran yang telah diterapkan sejak tahun sebelumnya.

Pada bulan Agustus 2023, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar mengambil langkah pertama dengan menaikkan TPP bagi seluruh ASN di wilayah tersebut. Kenaikan ini menjadi yang pertama setelah beberapa tahun tidak terjadi peningkatan yang signifikan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar, Sunggono, mengungkapkan rasa syukurnya dapat meningkatkan TPP berkat usaha efisiensi dalam pengeluaran.

“Ini adalah bentuk apresiasi kami terhadap dedikasi ASN yang telah bekerja keras,” ujar Sunggono dalam sambutannya saat serah terima jabatan pejabat Administrator Pemkab Kukar pada Rabu (4/10/2023).

Sunggono juga menjelaskan bahwa sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri), belanja pegawai maksimal boleh mencapai 30 persen dari total Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Ketika dia menjabat sebagai Sekda, APBD Kukar mencapai Rp. 4,6 triliun dengan belanja pegawai sekitar Rp. 1,8 triliun, sehingga belanja pegawai pada saat itu mencapai 49 persen. Hal ini sulit dihindari mengingat jumlah pegawai mencapai sekitar 12.397 orang.

Namun, melalui upaya efisiensi dalam pengeluaran dan peningkatan pendapatan daerah dari tahun ke tahun, kenaikan TPP akhirnya dapat direalisasikan.

“Pengeluaran untuk kategori kami meningkat sebesar Rp. 1,8 triliun tahun lalu, termasuk pengeluaran yang sebenarnya tidak diperlukan untuk pegawai. Kami akan terus berupaya memberikan yang terbaik bagi ASN Kukar,” tambahnya.

Sunggono menekankan bahwa keputusan ini tidak memiliki kaitan dengan politik, dan pertumbuhan anggaran daerah yang terus meningkat menjadi dasar bagi peningkatan kesejahteraan para ASN.

“Jadi, kenaikan ini adalah hasil dari efisiensi anggaran dan komitmen kami untuk menghargai kerja keras para ASN,” tegasnya.

Dengan adanya kenaikan ini, diharapkan para ASN Kukar akan semakin termotivasi dan bersemangat dalam menjalankan tugas mereka untuk melayani masyarakat. (Day/Adv/DiskominfoKukar)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved