Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

Kolaborasi Tiga OPD Kukar Selaraskan SDI Daerah, Saiful Bahri: Hadir Memperkuat Tata Kelola Data

Terbit: 9 Oktober 2023

Statistik Sektoral Tahun 2023
Kolaborasi Tiga OPD Kukar.

Prolog.co.id, Kutai Kartanegara – Helatan Desk Verifikasi Meta Data, Kegiatan Statistik Sektoral Tahun 2023, perpaduan tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kutai Kartanegara (Kukar), Badan Pusat Statistik (BPS) Kukar dan Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kukar.

Desk Verifikasi Meta Data Kegiatan Statistik Sektoral Tahun 2023, dibuka oleh Kepala Diskominfo Kukar, Dafip Haryanto, pada Senin (9/10/2023). Bertempat di Hotel Harris, Kota Samarinda.

Kegiatan ini bertujuan menyelaraskan Satu Data Indonesia (SDI) pada tingkat daerah, terdiri dari pembina data, walidata tingkat daerah, waludata pendukung dan produsen data. Bukan hanya itu saja, ada forum satu data yang berfungsi untuk menyepakati daftar data, dimana tugas walidata guna memeriksa seluruh data sesuai dengan prinsip SDI.

Oleh sebab itu Kepala Bidang Perencanaan dan Pengadilan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kukar, Saiful Bahri mengatakan, pengorganisasian data sangatlah diperlukan guna memilah dan memilih informasi relevan.

“Sebagai dasar penyusunan kebijakan sejalan dengan arah pemerintah pusat untuk menggunakan data, sebagai dasar menentukan kebijakan dan transformasi digital,” terang Saiful Bahri.

“SDI hadir, untuk memperkuat tata kelola data, terutama data ini bida dipertukarkan antar instansi dan lembaga,” sambungnya.

Saiful Bahri juga menekankan sangatlah pentingnya memilah data prioritas yang perlu didahulukan.

“Banyaknya data yang ada perlu dipisahkan antara data yang mendesak, data Tujuan Pembangunan Berkelanjutan serta data yang berkaitan dengan perencanaan dan penganggaran,” tutupnya. (Day/Adv/DiskominfoKukar)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved