Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Komisi IV DPRD Kaltim Bakal Senang Hati Terima Mahasiswa yang Hendak Lakukan Kuliah Lapangan

Terbit: 21 Oktober 2023

kuliah lapangan di dprd kaltim
Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Rusman Ya'qub. (istimewa)

Prolog.co.id, Samarinda – Komisi IV DPRD Kaltim dengan senang hati menerima mahasiswa di Kaltim yang hendak melakukan kuliah lapangan. Belum lama ini, mahasiswa Prodi Administrasi Publik Universitas Mulawarman (Unmul) bertandang ke DPRD Kaltim untuk mempelajari berbagai hal.

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Rusman Ya’qub mengatakan, DPRD Kaltim juga bisa jadi tempat untuk mahasiswa yang ingin belajar soal lembaga legislatif. Jadi, kehadiran DPRD Kaltim bukan hanya sebagai institusi pemerintahan.

“Kegiatan study tour mahasiswa Unmul itu bertujuan untuk mempelajari proses formulasi, implementasi, dan evaluasi kebijakan publik di lembaga legislatif DPRD Kaltim,” ujar Rusman.

Pun mahasiswa Unmul itu belajar mengenai formulasi kebijakan dan sekaligus melakukan studi komparatif. Mereka juga bisa mengetahui praktik langsung dari membuat kebijakan hingga implementasi dan evaluasinya.

“Bagaimana praktiknya membuat kebijakan itu kemudian implementasi kebijakan dan evaluasi kebijakan,” ujar Rusman.

Rusman yang juga seorang dosen di prodi tersebut mengaku sering membawa mahasiswa yang diajarnya untuk melihat langsung proses administrasi atau tata cara dinas pemerintah dikerjakan di lembaga parlemen.

Bagi politisi dari PPP itu, study tour serupa sangat penting untuk meningkatkan daya kritis mahasiswa. Apalagi, kuliah lapangan memberikan pengalaman yang berbeda dibanding mendengarkan teori di ruang kelas.

“Kalau di sini ada tataran praktisnya, ada empiriknya yang mereka temukan. Praktisnya seperti apa kesenjangan antara teori di bangku kuliah dengan kenyataan di lapangan,” tandasnya.
(Kit/adv/dprdkaltim)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved