Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

Komitmen Pemkab Kukar Mendukung Parekraf Melalui Festival Pesisir 2023

Terbit: 7 Oktober 2023

Festival Pesisir 2023
Festival Pesisir 2023

Prolog.co.id, Kutai Kartanegara – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) kembali menggelar event bertaraf nasional, yakni Festival Pesisir 2023. Acara yang diadakan oleh Tirtonegoro Art Festival bekerja sama erat dengan Pemkab Kukar ini akan dilaksanakan di Pantai Panrita Lopi, Kecamatan Muara Badak, pada tanggal 13-15 Oktober mendatang.

Festival Pesisir 2023 bukanlah event biasa. Acara ini akan memanjakan pengunjung dengan beragam kegiatan menarik, termasuk Lomba Tari Pesisir, Pertunjukan Seni dan Budaya, Lomba Baca Puisi, Lomba Domino, Lukis Kanvas, dan Jalan Santai. Jika itu belum cukup, ada pula permainan tradisional, pemutaran film, gelar UMKM, pesisir coffee, Talkshow Pemuda Pesisir, parade musik, penyematan duta pesisir, seni outbond pesisir, demo masak, lomba lari, voli pantai, pemuda inovatif, dan sepak bola pantai.

Festival Pesisir 2023Festival ini akan menjadi sarana yang ideal untuk menggali segala hal yang berkaitan dengan pesisir. Selain hiburan, pengunjung akan mendapatkan kesempatan untuk belajar dari Komunitas Anak Nelayan. Mereka akan membagikan pengetahuan tentang cara membuat “Rakang,” alat tradisional menangkap kepiting, serta tutorial mencabut duri Ikan Bandeng. Selain itu, pengunjung dapat mengenali ciri-ciri ikan segar dan belajar cara menangkap ikan “Ijar Pesisir.”

Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, dengan hangat menyambut event yang digarap oleh Tirtonegoro Art Festival. Menurutnya, ini adalah komitmen dari pemerintah untuk mendukung aktivitas positif yang dikelola oleh pemuda-pemuda Kukar.

“Ini komitmen pemerintah untuk mendukung aktivitas positif yang digelar pemuda-pemuda Kukar,” kata Rendi.

Rendi juga mengajak masyarakat Kukar dan sekitarnya untuk berpartisipasi dalam Festival Pesisir 2023.

“Ini adalah kesempatan langka untuk menikmati parade musik, pertunjukkan seni, dan liburan di pantai. Jadi, mari kita bersama-sama meramaikan event ini,” ujarnya dengan semangat.

Direncanakan, Rendi Solihin juga akan hadir dalam acara ini untuk membuka secara resmi Festival Pesisir 2023. Acara ini diprediksi akan menjadi sorotan utama bagi pecinta seni, budaya, dan alam pesisir.

“Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk ikut serta dalam festival yang akan menggugah semangat kreatifitas dan cinta akan pesisir ini,” tukasnya.

Rahmat Azazi, penyelenggara Festival Pesisir 2023, menjelaskan bahwa acara ini bukan hanya hiburan semata.

“Ya, Festival Pesisir ini kegiatan untuk memberikan edukasi tentang pariwisata, serta edukasi seni dan budaya di Kaltim,” katanya. Ia juga menegaskan bahwa festival ini melibatkan berbagai pihak dari kecamatan-kecamatan di Kukar, serta unsur-unsur lain dari kabupaten dan kota se-Kaltim, termasuk warga sekitar.

Tahun ini memiliki nilai khusus karena kolaborasi erat dengan Pemkab Kukar, yang terkenal getol mendukung event-event yang digelar oleh pemuda. Sebelumnya, festival ini sering berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Selain dengan Pemkab Kukar, kita juga bekerjasama dengan berbagai pihak, seperti pengelola Pantai Panrita Lopi yang telah menyediakan tempat,” tambah Rahmat Azazi.

Rangkaian Acara Menarik
Festival Pesisir 2023 akan menghadirkan beragam rangkaian acara menarik, di antaranya:
Lomba Tari Pesisir
Pertunjukan Seni dan Budaya
Lomba Baca Puisi
Lomba Domino
Lukis Kanvas
Jalan Santai
Permainan Tradisional
Pemutaran Film
Gelar UMKM
Pesisir Coffee
Talkshow Pemuda Pesisir
Parade Musik
Penyematan Duta Pesisir
Seni Outbond Pesisir
Demo Masak
Lomba Lari
Voli Pantai
Pemuda Inovatif
Sepak Bola Pantai
Komentar Penyelenggara.
(Day/Adv/Diskominfo Kukar)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved