Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

KPU Kaltim Pastikan 11.831 Penyandang Disabilitas Gunakan Hak Suaranya di Pemilu 2024

Terbit: 7 Februari 2024

KPU Kaltim
Ilustrasi pemilih penyandang disabilitas. (IST)

Prolog.co.id, Samarinda – Pemilu 2024 semakin dekat. Daftar Pemilih Tetap (DPT) juga sudah ditetapkan oleh KPU Kaltim. Salah satu masyarakat yang akan menggunakan hak suaranya adalah penyandang disabilitas. Jumlahnya mencapai 11.831 pemilih di Kaltim.

Komisioner Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Kaltim, Iffa Rosita mengatakan bahwa pihaknya siap untuk melayani pemilih penyandang disabilitas di Pemilu 2024. Dia mengatakan, tercatat ada 5.815 pemilih disabilitas fisik, 992 pemilih disabilitas sensorik netra hingga 480 pemilih disabilitas sensorik rungu.

Selanjutnya, ada 605 pemilih disabilitas intelektual, 1.560 pemilih disabilitas sensorik wicara, dan 2.449 pemilih disabilitas mental. Iffa mengatakan, KPU Kaltim memiliki komitmen untuk memberi kesempatan yang sama untuk para penyandang disabilitas. Baik sebagai pemilih atau calon anggota legislatif.

“Kami mengacu pada Undang-Undang Nomor 7/2017 tentang Pemilihan Umum Pasal 5, yang menyebutkan bahwa penyandang disabilitas yang memenuhi syarat memiliki hak dan kewajiban yang sama sebagai pemilih dan calon,” ungkap Iffa.

Iffa juga mengatakan, KPU Kaltim sudah melakukan berbagai upaya untuk memfasilitasi pemilih disabilitas. Mulai pendataan, pendaftaran, hingga penggunaan hak pilih di TPS.
“Kami selalu menekankan pada setiap kesempatan rapat koordinasi bersama KPU kabupaten/kota untuk melayani pemilih disabilitas dengan baik. Misalnya, bagaimana memberikan orientasi pelayanan dengan menepuk pundak, memberi kode isyarat, atau menyediakan surat suara brailler bagi pemilih disabilitas netra,” sambungnya.

Iffa juga akan memastikan tiap TPS punya aksesibilitas yang memadai untuk pemilih disabilitas. Di antaranya, undakan yang landai, meja rendah, dan tempat duduk prioritas.

“Intinya, kami wajib memberikan akses yang nyaman bagi pemilih disabilitas, sehingga mereka dapat menggunakan hak pilihnya dengan lancar dan tanpa kendala,” tandasnya. (Gia)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved