Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

Kutim Belajar Olah Limbah Sawit Jadi Pupuk dan Pakan Ternak ke Sumsel

Terbit: 26 November 2023

Olah Limbah Sawit
Kunjungan tim studi tiru Kutim dipimpin oleh Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Diskop UMKM) Kutim

Prolog.co.id, Kutai Timur – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) belajar pengolahan limbah sawit menjadi pupuk dan pakan ternak ke dua daerah di Sumatera Selatan, yaitu Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Kunjungan tim studi tiru Kutim dipimpin oleh Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Diskop UMKM) Kutim Darsafani. Rombongan juga didampingi Ketua Forum Petani Kelapa Sawit (FPKS) Kaltim Asbudi.

Di Muara Enim, rombongan mempelajari teknik pemanfaatan limbah sawit khususnya jangkos sawit menjadi pupuk cair dan padat. Sedangkan di OKI, mereka mempelajari cara pengelolaan limbah khususnya pelepah sawit jadi pakan ternak.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan OKI Dedy Kurniawan mengatakan, keberadaan kebun kelapa sawit di OKI dapat mendukung para peternak.

“Karena esensinya limbah-limbah pertanian seperti sawit ini dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak yang akan memberikan peningkatan produksi ternak yang ada di sekitar kita,” ujar Dedy.

Darsafani mengatakan, kunjungan studi tiru ini sangat bermanfaat bagi Kutim.

“Ini menjadi penambah ilmu kita untuk di Kutai Timur nanti, kita bisa berproduksi dengan pembelajaran saat ini,” ucap Darsafani.

Asbudi berharap, hasil studi tiru ini dapat diaplikasikan di Kutim.

“Mudah-mudahan kita di Kutai Timur nanti bisa mengaplikasikan apa yang menjadi hasil studi tiru, dan Insyallah Kadis Koperasi UMKM Kutai Timur akan mensupport pengembangan usaha limbah sawit yang ada di Kutai Timur,” pungkasnya. (atk/adv/diskominfokutim)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved