Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

Langkah Peningkatan Mutu Hasil Perkebunan Melalui Program STD-B Besutan Disbun Kukar

Terbit: 6 Oktober 2023

Surat Tanda Daftar Budidaya
Ilustrasi pertanian kelapa sawit.

Prolog.co.id, Kutai Kartanegara – Dalam memperkuat mutu kebun sawit petani di wilayahnya, Dinas Perkebunan (Disbun) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengumumkan peluncuran Program Penerbitan Surat Tanda Daftar Budidaya (STD-B) pada Kamis (5/10/2023).

Program STD-B bertujuan agar pendataan lahan perkebunan masyarakat lebih tertata. Sehingga, memberikan kepastian Hak Pengelola Lahan (HPL). Melalui program ini, informasi vital seperti kepemilikan lahan, luas lahan, hingga asal-usul benih yang digunakan dapat tercatat dengan jelas.

Sekretaris Disbun Kukar, Taufik Rahmani, menjelaskan bahwa STD-B adalah langkah konkret menuju sertifikasi kebun petani.

“Keuntungan utama STD-B adalah mempermudah pemasaran hasil kebun. Dengan sertifikat ini, para petani dapat menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan lokal,” ujar Taufik.

Menurutnya, STD-B juga menjadi bukti bahwa kebun petani menggunakan bibit unggul. Disbun Kukar menargetkan penerbitan 200 sertifikat STD-B tahun ini.

Sejauh ini, lebih dari 352 petani di Desa Muai, Kecamatan Kembang Janggut telah menerima sertifikat tersebut. Sedangkan untuk di wilayah lainnya masih dalam proses pendataan.

Pendataan yang dilakukan ini akan berfokus pada kebun rakyat yang tidak terlibat dalam Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR).

Meskipun belum ada data pasti mengenai luas lahan yang terlibat pada tahun 2023, wilayah-wilayah seperti Muai, Kembang Janggut, Genting Tanah, Loa Sakoh, Muara Kaman Ilir, Bunga Jadi, dan Jonggon semuanya terlibat. Sentra-sentra sawit yang menjadi fokus adalah Muara Kaman, Kenohan, Kembang Janggut, hingga Tabang.

“Harapannya, Program STD-B dapat membantu mengurangi penggunaan bibit palsu atau bibit yang tidak unggul di kalangan petani, sambil juga memberikan dukungan dalam pendataan pendapatan dan penghasilan mereka,” tambah. (Day/Adv/DiskominfoKukar)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved