Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Mahakam Investment Forum jadi Langkah Strategi Menarik Investor

Terbit: 27 September 2023

Mahakam Investment Forum
Suasana dalam Mahakam Investment Forum di Jakarta. (Ist)

Jakarta, Prolog.co.id – Mahakam Investment Forum (MIF) menjadi strategi menggaet investor di berbagai proyek yang ada di Benua Etam. Kegiatan ini diselenggarakan di Jakarta pada 26 September 2023 lalu. Forum yang diinisiasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Kaltim, dan bekerja sama dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kaltim ini, dihadiri 100 peserta.

Peserta yang hadir terdiri dari investor dan pembeli asing yang mewakili berbagai negara. Pun demikian pelaku UMKM yang berfokus pada ekspor, perwakilan pemilik proyek, KADIN (Kamar Dagang dan Industri), dan berbagai OPD terkait.

“Iklim ekonomi di Kaltim menunjukkan pertumbuhan yang positif, meningkat dari 5,04 persen pada triwulan I-2023 menjadi 5,17 persen pada triwulan II-2023,” kata Kepala KPw BI Kaltim, Budi Widihartanto dalam pernyataan resminya.

Pertumbuhan ekonomi ini didorong oleh konsumsi rumah tangga yang tinggi dan dukungan dari pemerintah, serta meningkatnya investasi. Sejalan juga dengan perkembangan Ibu Kota Nusantara (IKN). Selain itu, Kaltim memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah, seperti batu bara, kelapa sawit, gas, dan hutan, yang memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian negara.

“Pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, berdampingan dengan potensi sumber daya alam yang besar, menjadikan Kaltim sebagai destinasi menarik bagi investor yang ingin menanamkan modalnya,” kata Budi.

Turut ditambahkan Kabiro Perekonomian Kaltim yang mengatakan pentingnya Mahakam Investment Forum sebagai bagian dari upaya awal dari Regional Investor Relation Unit Kaltim (RIRU). Forum ini juga mendapat dukungan penuh dan apresiasi dari Pemerintah Provinsi Kaltim. Harapannya, acara ini dapat menggairahkan investasi yang mendukung ekonomi hijau dan ekonomi biru, serta menarik perhatian investor potensial.

Sesi one on one meeting dalam acara ini turut memperkenalkan 8 proyek unggulan, termasuk KEK Maloy Batuta Trans Kalimantan (KEK MBTK), Kaltim Industrial Estate, Pulau Kaniungan, Teluk Sumbang, Balikpapan Waste Management, Palm Oil Downstream Industry of Fatty Acid, Loading-Unloading Facility of Penajam Port in Buluminung Industrial State, Cocoa Commodity Development, dan Crumb Rubber Factory.

Selain itu, ada 5 UMKM berkualitas ekspor yang turut berpartisipasi, seperti PT Borneo Ocean Nauly, Koperasi Produsen Taruna Bina Mandiri, CV Multi Sarana Jaya, CV Perintis Mitra Mandiri Sukses, dan PT Sumber Alam Permata Mandiri. Dalam sesi O3M, investor asing dari USA, Malaysia, Seychelles, dan Finlandia menunjukkan minat untuk mendalami 8 proyek yang ditawarkan dalam acara ini.

(Redaksi Prolog)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved