Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Menang Tipis 1-0 atas Vietnam, Timnas Indonesia Melenggang ke 16 Besar

Indonesia meraih kemenangan 1-0 atas Vietnam di Grup D Piala Asia 2023 berkat gol penalti Asnawi Mangkualam. Kemenangan ini membuka peluang Indonesia untuk lolos ke babak 16 besar.

Terbit: 20 Januari 2024

indonesia menang lawan vietnam
Bek timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Vietnam dalam lanjutan Piala Asia 2023 Grup D. (twitter)

Prolog.co.id – Timnas Indonesia meraih kemenangan penting atas Vietnam dengan skor 1-0 dalam laga Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah Bin Khalifah, Jumat (19/1). Gol tunggal kemenangan Indonesia dicetak oleh Asnawi Mangkualam dari titik putih.

Indonesia tampil menekan sejak awal pertandingan. Rafael Struick hampir membuka keunggulan Indonesia di menit pertama, namun tendangannya masih bisa ditepis oleh kiper Vietnam, Filip Nguyen. Struick kembali mengancam gawang Vietnam di menit kedelapan, tapi kali ini tendangannya melebar.

Vietnam yang berjuluk Golden Stars mulai bangkit di menit ke-20. Mereka mendapatkan beberapa peluang, namun tidak ada yang mengarah tepat ke gawang Indonesia yang dikawal oleh Ernando Ari. Skor kaca mata pun bertahan hingga menit ke-30.

Indonesia mendapatkan peluang emas di menit ke-35, ketika sundulan Sandy Walsh masih bisa dimentahkan oleh Filip Nguyen dengan gemilang. Lima menit kemudian, Indonesia mendapatkan hadiah penalti setelah Struick dilanggar oleh pemain Vietnam di kotak terlarang.

Asnawi Mangkualam yang ditunjuk sebagai algojo berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Ia mengecoh Filip Nguyen dan menyarangkan bola ke pojok kanan bawah gawang Vietnam. Indonesia pun unggul 1-0 hingga turun minum.

Di babak kedua, Vietnam langsung tancap gas untuk mencari gol penyama kedudukan. Mereka mendapatkan dua peluang emas lewat Khuat Van Khang, namun gagal memanfaatkannya. Sontekan Nguyen Tuan Anh di menit ke-55 juga melambung di atas mistar gawang Indonesia.

Indonesia melakukan beberapa pergantian pemain untuk memperkuat lini tengah. Adam Alis dan Hokky Caraka masuk menggantikan Struick dan Walsh. Perubahan ini membuat Indonesia bisa kembali menguasai jalannya pertandingan. Hingga menit ke-75, Indonesia masih memimpin 1-0.

Memasuki menit-menit akhir, Vietnam meningkatkan intensitas serangan mereka. Mereka juga bermain lebih kasar dan beberapa kali melanggar pemain Indonesia. Salah satu pemain Vietnam bahkan mendapatkan kartu kuning kedua dan harus meninggalkan lapangan.

Meski bermain dengan sepuluh orang, Vietnam tidak menyerah. Mereka mendapatkan tendangan bebas di depan kotak penalti Indonesia di menit ke-90. Namun, tendangan itu bisa ditepis oleh Ernando Ari dengan spektakuler. Wasit pun meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir.

Indonesia menang 1-0 atas Vietnam dan naik ke posisi ketiga klasemen Grup D Piala Asia 2023. Kemenangan ini juga membuka peluang Indonesia untuk lolos ke babak 16 besar sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik.

Indonesia Menang Lawan Vietnam
Klasemen sementara Grup D Piala Asia 2023

Di laga terakhir Grup D, Indonesia akan berhadapan dengan Jepang pada 24 Januari, sedangkan Vietnam akan melawan Irak. Indonesia harus menang atas Jepang dan berharap hasil positif dari pertandingan lain untuk bisa melaju ke fase gugur. (Day)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved