Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

Menilik Potensi Perikanan Samboja

Terbit: 27 Oktober 2023

Potensi Perikanan Samboja
Camat Samboja, Damaik.

Prolog.co.id, Kutai Kartanegara – Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur, memiliki potensi besar untuk menjadi daerah penghasil ikan laut dan rumput laut terbesar di Kukar. Mayoritas wilayah kecamatan ini merupakan daerah pesisir yang berbatasan langsung dengan laut.

Camat Samboja, Damaik mengatakan bebera desa dan kelurahan memang berhadapan langsung dengan pantai. Diantaranya, Tanjung Harapan, Kuala Samboja, Teluk Pemedas, dan Muara Sembilang. Dan, dikenal sebagai penghasil ikan terbesar di daerah Samboja.

“Mulai dari Kelurahan Tanjung, Kelurahan Kuala, Pamedas sampai ke Muara sembilang itu semua di bibir pantai dan penghasil ikan yang terbesar di daerah-daerah itu, termasuk juga pembudidayaan rumput laut,” papar Damsik.

Tak hanya memiliki potensi pada perikanan tangkap saja, wilayah pesisir Kukar ini juga menjadi penghasil rumput laut.

“Samboja bukan hanya penghasil ikan terbesar, tetapi juga pusat budidaya rumput laut di Kukar,” sebutnya.

Sektor kelautan dan perikanan menjadi memang menjadi andalan utama perekonomian masyarakat di Kecamatan Samboja. Sebab, mayoritas masyarakat di sana yang bekerja sebagai nelayan tangkap ikan atau pembudidaya rumput laut.

Untuk diketahui, berdasarkan data Dinas Kelautan dan Perikanan Kukar tahun 2021, Kecamatan Samboja menyumbang produksi ikan laut terbesar di Kukar yaitu sebanyak 11.475 ton atau sekitar 26 persen dari total produksi ikan laut Kukar. Selain itu, Samboja juga menjadi sentra budidaya rumput laut terbesar di Kukar dengan produksi mencapai 903 ton pada 2021 atau sekitar 49 persen dari total produksi rumput laut Kukar. (Day/Adv/DiskominfoKukar)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved