Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Menuju PON 2024, KONI Kaltim Gelar Pelatihan SDM dan Penanganan Cedera Olahraga

Terbit: 6 Februari 2024

PON 2024
Momen pelatihan pelatih yang digelar KONI Kaltim.

Prolog.co.id, Samarinda – Persiapan Kalimantan Timur (Kaltim) menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara terus bergulir. Usai tes kesehatan atlet, KONI Kaltim kini fokus pada pengembangan kompetensi pelatih melalui Pelatihan SDM Pelatih dan Penanganan Cedera Olahraga yang berlangsung di Hotel Mesra Samarinda, 6-7 Februari 2024.

Konsultan teknik KONI Kaltim, Prof. Dikdik Jafar Sidik, menjelaskan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan lima kompetensi penting bagi para pelatih, yakni pengetahuan, kemampuan, keahlian, pengalaman dan etika.

“Pengetahuan diperbarui dengan informasi terbaru tentang perkembangan olahraga, sedangkan kemampuan mengarahkan para pelatih untuk menerapkan pengetahuan tersebut,” papar Dikdik.

Keahlian menjadi kunci dalam memahami kebutuhan cabang olahraga dan interaksi dengan atlet, sedangkan pengalaman dari berbagai kejuaraan menjadi acuan penting dalam menciptakan prestasi. Etika atau perilaku juga menjadi fokus penting, dibuktikan dengan adanya tes psikologi bagi para pelatih.

“Kelima kompetensi ini terintegrasi dan saling melengkapi,” tegas Dikdik.

Ketua KONI Kaltim, Rusdiansyah Aras, menekankan pentingnya pelatihan ini sebagai bagian dari persiapan menuju PON.

“Harapannya, pelatihan ini menghasilkan pelatih terbaik dan memperkuat sinergi antar semua pihak,” pesannya.

Pada hari kedua, 7 Februari 2024, pelatihan berfokus pada penanganan cedera olahraga dengan menghadirkan para ahli dari luar daerah, seperti ahli anatomi tubuh, dokter ahli kinesio tape, dan ahli pijat. Tujuannya, meningkatkan kualitas pelatih dan menangani cedera olahraga menunjukkan komitmen mereka untuk mencapai prestasi terbaik di PON 2024. (Day)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved