Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

Pabrik Air Minum CLEO di IKN Resmi Beroperasi dengan Investasi Rp 600 Miliar

Terbit: 25 Desember 2023

Air Minum IKN
Titik Nol IKN Nusantara.

Prolog.co.id – PT Sariguna Primatirta Tbk. (CLEO) atau Tanobel, secara resmi mengoprasikan pabrik air minum Cleo di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada akhir tahun 2023. Nilai investasi yang digelontorkan mencapai Rp 600 Miliar

Unggahan dari Tancorp Group, entitas induk milik keluarga Tanoko, menunjukkan bahwa PT Sariguna Primatirta Tbk. secara resmi menjalankan produksi pabrik Cleo di kawasan IKN Nusantara, tepatnya di Karya Merdeka, Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara.

Pengumuman itu diunggah dari akun Instagram Tancorp Group, entitas induk milik keluarga Tanoko, PT Sariguna Primatirta Tbk. selaku produsen air minum dalam kemasan (AMDK) yang mengoperasikan pabrik Cleo di wilayah IKN Nusantara.

Pabrik CLEO berada di Karya Merdeka, Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara, atau berada di sisi utara Balikpapan dan timur IKN Nusantara. Hanya berkisar 40 menit dari Titik Nol IKN Nusantara.

“Ini langkah strategis dalam memperluas suplly chain (rantai distribusi) di luar Pulau Jawa dan akan mempercepat pertumbuhan CLEO di seluruh Indonesia,” dikutip dari unggahan akun Instagram Tancorp pada Senin (25/12/2023).

Tanobel telah mengalokasikan belanja modal (capital expenditur/capex) sebesar Rp300 miliar pada 2023 untuk membangun pabrik baru Cleo di IKN Nusantara. Sementara itu, perusahaan juga melakukan pengembangan pabrik, peningkatan mesin, serta memperkuat jaringan distribusi melalui investasi tersebut.

Kemudian, pada tahun 2024, Tanobel berencana untuk menambah capex sebesar Rp 300 miliar lagi. Dana tersebut akan dialokasikan untuk pembangunan pabrik baru, pengembangan pabrik yang sudah ada, penambahan mesin guna meningkatkan kapasitas produksi dan otomasi, serta perluasan jaringan distribusi.

Dengan rencana ini, pada awal 2024, Tanobel sebagai produsen air minum merek Cleo akan mengoperasikan 32 pabrik. CLEO mengklaim diri sebagai produsen AMDK dengan jumlah pabrik terbanyak di Indonesia. Bahkan, di tahun yang sama, Tanobel berencana membangun 3 pabrik baru di Palu, Pontianak, dan Pekanbaru.

Direktur Utama CLEO, Melisa Patricia Tanoko, telah mengungkapkan target pertumbuhan double digit dari atas hingga bawah dalam industri ini, termasuk pada tahun 2024.

“Secara keseluruhan, CLEO melihat pertumbuhan yang konsisten dalam industri air minum di Indonesia. Bisnis CLEO terus tumbuh dan optimistis mencapai target pertumbuhan, terutama karena kembali normalnya aktivitas masyarakat dan peningkatan kegiatan di luar ruangan,” ujar Melisa Tanoko. (Redaksi Prolog)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved