Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Pastikan Mutu Pendidikan di Pelosok dan Perbatasan Meningkat, Disdikbud Kaltim Siapkan Anggaran Khusus

Terbit: 26 Juni 2023

mutu pendidikan
Kepala Disdikbud Kaltim, Muhammad Kurniawan. (Ist)

Prolog.co.id, Samarinda – Guna meningkatkan mutu pendidikan di kawasan pelosok, pemprov melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim akan membangun dan menambah sejumlah ruang kelas baru.

“Perhatian kami sangat besar terhadap sekolah-sekolah yang ada di perbatasan. 2024 nanti, Pemprov Kaltim sudah mengalokasikan anggaran khusus untuk pembangunan dan penambahan ruang kelas baru di daerah-daerah pedalaman,” terang Kurniawan selaku Kepala Disdikbud Kaltim.

Disdikbud Kaltim memang bertanggung jawab atas pembangunan sekolah atau penambahan ruang kelas baru di jenjang SMA, SMK, dan sederajat. Namun tak dapat dimungkiri, lahan masih jadi persoalan yang cukup menghalangi pihaknya dalam memaksimalkan fasilitas dan sarana prasarana sekolah.

“Kalau ruang kelas baru, bisa ditambah karena itu memang menjadi ranah kami. Nah, persoalan lainnya yakni masalah lahan saja,” sambung dia.

Terkait persoalan lahan, Kurniawan menyebut pihaknya bakal berkoordinasi dengan pemerintah daerah (pemda) di mana pembangunan sekolahnya akan dilakukan. Hal itu dilakukan demi mendapat solusi yang tepat.

“Kami akan carikan solusinya, seperti Balikpapan itu sudah menyiapkan lahannya. Jadi nanti tinggal kami bangun ya. Intinya kami menerima hibah tanah, sesuai kebutuhan di masing-masing kabupaten dan kota,” ujar Kurniawan.

Ada dua kabupaten di Kaltim yang akan jadi perhatian Disdikbud Kaltim, yakni Kutai Barat (Kubar) dan Mahakam Ulu (Mahulu). Ini dalam rangka kesiapan mendirikan sekolah-sekolah di daerah perbatasan pula.

“Khususnya di Kubar maupun Mahulu. Nanti kami bangun sekolahnya, kami siap. Tinggal sinergi dengan kabupaten dan kota, mereka menyiapkan lahannya. Kami bangun sekolahnya sesuai kemampuan provinsi secara bertahap,” pungksanya.

(ADV/Disdikbud Kaltim)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved