Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

Pembangunan Kantor Desa dan Kantor BPD di Tepian Raya Melalui CSR KPC

Terbit: 10 Desember 2023

Desa Persiapan Tepian Raya
Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman saat melakukan kunjungan kerja di Bengalon. (ist)

Prolog.co.id, Bengalon – Desa Persiapan Tepian Raya mendapatkan dukungan dari berbagai pihak untuk segera menjadi desa definitif. Salah satunya adalah pembangunan Kantor Desa dan Kantor BPD oleh KPC. Setelah selesai, kantor desa persiapan Tepian Raya langsung diresmikan oleh Bupati Kutai Timur, Ardiansyah Sulaiman pada Sabtu (9/12/2023), bertempat di Jalan Poros Bengalon-Muara Wahau.

Ardiansyah Sulaiman menjelaskan bahwa wilayah Desa Persiapan Tepian Raya telah bertahan tanpa perubahan selama ini. Oleh karena itu, perlu segera menjadi desa definitif. Ia mengungkapkan bahwa Desa Persiapan Tepian Raya sebenarnya sudah dapat menjadi desa definitif, namun kendalanya adalah belum dikeluarkannya nomor induk desa oleh kementerian.

“Ada 11 desa dari tahun 2021 dan awal 2022 yang telah kita resmikan oleh DPRD menjadi desa definitif dan prosesnya sudah selesai. Kemudian, progres berikutnya kita sampaikan ke provinsi dan selanjutnya ke kementerian untuk mendapatkan nomor induk desa,” ujar Ardiansyah.

Namun, hal ini terhenti akibat suasana pemilu yang dimulai sejak tahun 2022. Sehingga, semua desa di Indonesia yang sedang dalam proses pemekaran ditahan sementara. Pasalnya, apabila nomor induk desa tersebut dikeluarkan, maka desa tersebut wajib memiliki kepala desa definitif dan tidak menjadi bagian dari desa induk.

“Jika langsung menjadi desa definitif sekarang pada masa pemilu, nanti dapat mengubah tahapan pemilu. Inilah persoalannya. Yang jelas, desa persiapan ini sudah menjadi desa, tinggal menunggu nomor induk desa,” ungkapnya di hadapan Wakil Ketua II DPRD Kutai Timur, Arfan, Camat Bengalon, Suharman, Kades Tepian Indah, Quirinus Parwono, Pj Kades Tepian Raya, Sunaryounsur Muspika, perwakilan stakeholder, dan masyarakat sekitar.

Ia memberikan pesan bahwa apabila sudah ada nomor induk desa, segera harus ada BPD dan pemilihan kepala desa. Terlebih lagi, saat ini desa tersebut sudah memiliki kantor sendiri.

“Selamat Desa Tepian Raya, alhamdulillah sudah mendapatkan kantor desa dan kantor BPD yang dibangun melalui anggaran CSR PT KPC,” ucapnya.

Ia yakin dengan adanya kantor desa baru ini, Pj kepala desa akan semakin semangat bekerja bersama aparat desa dan masyarakat untuk membangun desa. Hingga pada akhirnya, desa tersebut dapat menjadi lebih maju di masa yang akan datang.

“Semoga ada lagi perusahaan lain yang membangun Gedung PKK dan Posyandu. Karena kebersamaan dalam membangun Kutai Timur ini sangat luar biasa,” terangnya.

Sebelumnya, Pj Kades Tepian Raya, Sunaryo, mengucapkan syukur karena desa tersebut kini memiliki kantor desa yang representatif dan kantor BPD yang dibangun oleh KPC.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung Desa Persiapan Tepian Raya, terutama kepada PT KPC,” tambahnya.

Sementara itu, Manager Bengalon Community Relation and Development (BCRD) KPC, Syahruldin, menjelaskan bahwa pembangunan kantor desa dan Kantor BPD Desa Persiapan Tepian Raya sudah masuk dalam perencanaan tahun 2022.

Rencana program CSR dilakukan secara bersama-sama melibatkan pihak kecamatan, jajaran terkait, dan kepala desa.

“Jadi, pada perencanaan tahun 2021 dan 2022, pemerintah Desa Tepian Indah mengusulkan pembangunan Kantor Desa Persiapan Tepian Raya. Karena sebagian persyaratan desa persiapan ini menjadi desa yang definitif,” ungkapnya.

Ia menyatakan bahwa pada hari ini, kantor desa dan kantor BPDnya dapat diresmikan langsung oleh Bapak Bupati.

“Dengan bantuan KPC ini, dapat memenuhi harapan pemdes untuk menjadi desa definitif. Mewakili PT KPC, kedepannya kita masih berkomitmen untuk terus menyalurkan CSRnya,” tandasnya.
(atk/adv/diskominfokutim)

Ikuti berita prolog.co.id lainnya di Google News

Editor:

Redaksi Prolog

Bagikan:

Berita Terbaru
prolog

Copyright © 2024 Prolog.co.id, All Rights Reserved